PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENYAJIAN DATA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rizki Pernanda Putra, Hendra Syarifuddin

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.1

Article Metrics

Abstract Views : 100 times
PDF Downloaded : 64 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah bahan ajar penyajian data berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian  siswa kelas IV dan dilaksanakan di SDS Al-Azhar Bukittinggi. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahap define, design, develop dan disseminate. Jumlah keseluruhan hasil validasi adalah 80 dengan kategori sangat valid. Rata-rata uji praktikalitas angket respon guru adalah 89,28% dengan kategori  sangat praktis. Sedangkan untuk angket respon siswa adalah 90,73% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan hasil praktikalitas dinyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar materi penyajian data berbasis pendidikan karakter yang dikembangkan  di Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.


Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 8.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Faisal. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Membaca Berorientasi Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) Di Kelas VI Sekolah Dasar. Universitas Negeri Padang.

Margariena, I. N., Imron, A., & Burhanuddin. (2016). Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Konstektual. Mosharafa, 6.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH, 02.

Ridwan, & Sunarto. (2015). Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, Dan Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3.

Sari, Y. K. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic, 1.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Basicedu