UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD

Miftichatun Chanifah, Stefanus Christian Relmasira, Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan non tes. Penelitian ini dilakukan dalam siklus 1 dan siklus 2 masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD. Desain penelitian disusun berdasarkan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada pra siklus yang tuntas diatas KKM hanya 24% kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 49% dan siklus 2 menjadi 67%. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pra siklus 15% siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 38% dan siklus 2 menjadi 56%. Hal itu terjadi karena kelebihan dari model Problem Based Learning yaitu siswa di dorong untuk memecahkan masalah pada sebuah soal dalam kelompok atau individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan urut dan sistematis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada pembelajaran Matematika kelas V SD.


Full Text:

PDF

References


Ariani, D., & Mawardi, S. A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD. Didaktika Dwija Indria, 6(8).

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Ayuningtyas, P. (2019). The Implementasi Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 45-54.

Fadhilaturrahmi, F. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan GI terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(2).

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287-293.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Simanjuntak, L., Manurung,P., dan Matutina, D. C. (1992). Metode Mengajar Matematika 1. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sundayana, W. (2014). Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Erlangga.

Suwarma, D. M. (2017). Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Penerbit Cakrawala Maha Karya.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Tirtarahardja dan Sulo. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahakarya.

Wulandari, E. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.109

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Miftichatun Chanifah, Stefanus Christian Relmasira, Agustina Tyas Asri Hardini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address : 
Departement of Elemenatry Teacher Education
Faculty of Education University of Pahlawan Tuanku Tambusai
Jalan Tuanku Tambusai 23 Bangkinang, Kampar, Riau, Indonesia Pos Code 28411 Telp. 0762 21677
Contact Us : 085263773088 (Fadhilaturrahmi)
Email : arkhan88fadhila@gmail.com