MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA KELAS IV SD

Nur Hidayah, Stefanus Christian Relmasira, Agustina Tyas Asri Hardini

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.12

Article Metrics

Abstract Views : 1 times
PDF Downloaded : 0 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar Matematika menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik di kelas IV SD Negeri Pasekan 03. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sebanyak 30 peserta didik terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdapat teknik pengumpulan data berupa teknik studi dokumen, tes tertulis dan observasi, kemudian data yang didapat dianalisis secara deskriptif. Data keaktifan yang didapat pada pra siklus menunjukan dari 30 peserta didik terdapat (30%) peserta didik yang aktif kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi (50%) peserta didik aktif, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi (100%) peserta didik aktif. Data hasil belajar yang didapat pada pra siklus menunjukan (30%) peserta didik mendapat nilai tuntas mengalami peningkatan pada siklus I menjadi (60%) peserta didik mendapat nilai tuntas, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (90%) peserta didik mendapat nilai tuntas. Peningkatan tersebut terjadi karena guru telah menerapkan model Pembelajaran Matematika Realistik sesuai dengan sintaknya dan dapat membuat peserta didik terlibat aktif saat proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik lebih mudah dalam memahami materi yang dipelajari. Dengan demikian penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Pasekan 03.


Full Text:

PDF

References


I. ARIYADI, W. (2012). PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK SUATU ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. YOGYAKARTA: GRAHA ILMU.

Muhsetyo, G. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurwidayanti, S. (2013). Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Matematika dengan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk Siswa Kelas V SD N Malangrejo Ngemplak Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta , 15-24.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Refoka Aditama.

Soedjadi. (2001). Pembelajaran Matematika Berjiwa RME. Makalah disampaikan pada seminar nasional PMRI di Universitas Sanata Darma. Yogyakarta.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Menagajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suryanto. (2007). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR). Majalah RMRI Vol.V No.1 2007, halaman 8-10.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Basicedu