Kepercayaan Diri Siswa Berpengaruh terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar

Riza Fatimah Zahrah, Winarti Dwi Febriani

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1219

Article Metrics

Abstract Views : 20 times
PDF Downloaded : 18 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan pertama siswa memahami konten dari soal cerita yang disajikan dalam menyelesaikan soal cerita. Sehingga akan melahirkan kesulitan yang selanjutnya yaitu, siswa kesulitan untuk mengubah kalimat cerita menjadi kalimat matematika. Pada tahap melakukan operasi hitung juga siswa masih mengalami kesulitan, siswa tidak percaya akan jawaban atau cara yang ia kuasai. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang hubungan kepercayaan diri siswa dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita Matematika berbasis kearifan local. Soal cerita disajikan menggunakan bahasa sunda dan dalam pembelajaran menggunakan permainan berbudaya sunda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan korelasi dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa berpengaruh positif secara signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa sekolah dasar dengan koefisien korelasi sebesar 0,436

Keywords


kepercayaan diri, soal cerita

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian (suatu pendekatan praktik). . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asih, I. M. (2010). Peningkatan kemampuan siswa SMA negeri 8 Denpasar dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan program linier mata pelajaran matematika. Udayana Mengabdi , 67-71. .

Fitri, E. I. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. . Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 84-92.

Ifdil, I. D. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. . Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 107-113.

Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. . Jurnal Pengajaran MIPA, 52–60.

Hurlock, E. (1991). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Leman, M. (2000). Membangun Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta:: Majalah Anakku.

Walgito, B. (2000). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: Andi.

Luxori, Y. (2005). Percaya Diri. Jakarta: Khalifa.

Salma, U. d. (2014). Profil kemampuan estimasi siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita. . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 172-180.

Maier, H. (1995). Kompendium didaktik matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Zahrah, R. F., & Febriani, W. D. (2020). a Contextual Problem Based of Local Wisdom Improve the Ability To Solving a Word Problem Mathematics Students of Elementary School. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 55.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riza Fatimah Zahrah, Winarti Dwi Febriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.