Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI

Authors

  • Siti Nurmala Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia, Indonesia
  • Retno Triwoelandari Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Keywords:

Articulate storyline, kreativitas, pembelajaran IPA berbasis STEM, pengembangan media

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran di sekolah yang masih kurang bervariasi khususnya pada mata pelajaran IPA dan bahan ajar yang digunakan  hanya berfokus pada buku paket sekolah sehingga belum mengembangkan kecakapan abad 21 di sekolah dengan baik salah satunya yaitu kreativitas. Maka perlu adanya pengembangan media yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research  and development) dengan menggunakan model penelitian ASSURE. Instrumen penelitian berupa wawancara, angket dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh presentase kelayakan penilaian dari ahli materi sebesar 79,8%, dengan kategori valid, penilaian ahli media sebesar 97,9% dengan kategori sangat valid, dan penilaian ahli bahasa sebesar 87,5 % dengan kategori sangat valid. Hasil respon siswa uji perorangan sebesar 95,02%, uji kelompok kecil sebesar 95,65%, dan uji kelompok besar sebesar 91,16%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk  media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran

References

Achmadi, H., Suharno, & Suryani, N. (2014). Penerapan Model Assure Dengan Menggunakan Media Power Point Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Usaha Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 37. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). implementation of STEM learning in secondary schools. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, 4(1998), 724. Retrieved from http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/738

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/16140/1/Ani Cahyadi Pengembangan Media %28book%29.pdf

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Retrieved from https://repository.unikama.ac.id/691/1/PEMBELAJARAN IPA SD.pdf

Maknun, D., Genisa, M. U., Pamungkas, T., Hernawati, K., Purnomo, J., Khikmawati, M. N., & Tamimuddin, M. (2018). Sukses Mendidik Anak di Abad 21. Yogyakarta: Samudra Biru.

Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 99. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 456. Retrieved from file:///C:/Users/USER/Downloads/Mulyani-Pendekatan Pembelajaran STEM.pdf

Munandar, U. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Permanasari, A. (2016). STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3, 23–34. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/9810/7245

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta :Kencana. https://books.google.co.id/books?id=nwRBDwAAQBAJ

Santyasa, I. W., Juniantari, M., & Santyadiputra, G. S. (2020). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Guru-Guru Di Sma N 2 Singaraja. Proceeding Senadimas Undiksha, (4), 1784–1790.

Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Inovtech, 2(01), 3. http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/115

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Zuryanty, Hamimah, Kenedi, A. K., & Helsa, Y. (2020). Pembelajaran STEM Di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=zaAaEAAAQBAJ

Downloads

Additional Files

Published

2021-10-12

How to Cite

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Citation Check