MULTIMEDIA INTERAKTIF BERMUATAN PERMAINAN EDUKATIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vini Ariani Erwin Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Yarmis Syukur Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.183

Keywords:

Interactive Multimedia, Educational Games, Elementary Schools.

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif bermuatan permaina edukatif dengan memanfaatkan teknologi untuk siswa kelas V sekolah dasar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran yang cenderung belum memanfaatkan teknologi. Media yang dikembangkan menggunakan bantuan program adobe flash CS 6. Materi pada media berupa pembelajaran tematik yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (define, design, develop, disseminate). Data penelitian ini diperoleh dari uji validitas (lembar validasi media), praktikalitas (angket respon siswa dan guru), serta efektivitas (aktivitas dan hasil belajar siswa). Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran tematik telah valid (isi media sesuai kurikulum, desain dan layout menarik, kemudahan pengoperasian, bahasa mudah dipahami siswa, serta penyajian jelas sesuai karakteristik siswa), praktis (isi dan tujuan yang jelas, mudah dibaca, tampilan menarik, dan dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran), serta efektif (dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa).

 

References

Ahmad, S. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

NEA (National Education Association). 2012. Preparing 21st century students for a global society: an educator’s giude to the “Four Csâ€. Author: NEA. Diunduh September 2016 dari www.nea.org/assets/ docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Munir. (2013). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Astuti, Y. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV SD Al-Ulum Pekanbaru. Mimbar PGSD.76-81.

Tedjasaputra, Mayke S. (2011). Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darmansyah. (2012). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Erwin, V. A., & Syukur, Y. (2019). MULTIMEDIA INTERAKTIF BERMUATAN PERMAINAN EDUKATIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(3), 901–908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.183

Citation Check