PENERAPAN LOCAL INSTRUCTIONAL THEORY MENGGUNAKAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Erni Hastuti, Ahmad Fauzan

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.2

Article Metrics

Abstract Views : 9 times
PDF Downloaded : 2 times

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan  masalah yang penulis temukan dilapangan yaitu dimana pembelajaran matematika lebih cendrung diajarkan dengan teacher center tanpa siswa dapat menemukan sendiri konsep matematika yang dipelajari. Tujuan diadakan penelitian yaitu untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan  Local Intructional Theory (LIT) yang dirancang menggunakan pendekatan RME  pada materi keliling persegi panjang sehingga guru bisa mencoba bagaimana mengajarkan siswa agar dapat menemukan konsep sendiri pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV SDN 13 Simpang Haru Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu melakukan eksperimen, bereksperimen di kelas, dan melakukan analisis retrospektif. Data dikumpulkan dengan menggunakan analisis dokumen, observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan  bahwa LIT yang dirancang menggunakan pendekatan RME pada materi keliling persegi panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 13 Simpang Haru.


Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arini, & Fauzan, A. (2018). Pengembangan Theory Instruksi Lokal Perkalian Berdasarkan Realistic Mathematic Pendidikan Di Sekolah Dasar. International Journal Of Education Dynamics.

Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 49–61.

Gravemeijer, K. P. . (1994). Developing Realistic Mathematic Education. Culenborg: Technipress.

Gravemeijer, K. P. ., & Eerde, V. (2009). Design Research As A Means For Building A Knowledge Base For Teaching In Mathematics Education. The Elementary School Journal, 5.

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Subarinah, S. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Basicedu