PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Oktaveni Yetri, Ahmad Fauzan, Desyandri Desyandri, Yanti Fitria, Farida Fahrudin

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.249

Article Metrics

Abstract Views : 46 times
PDF Downloaded : 20 times

Abstract


Artikel ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD. Hal ini terjadi karena siswa secara langsung menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru. Masalah yang diberikan oleh guru belum berbentuk abstrak sehingga siswa kurang memahami masalah yang diberikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pendekatan realistic mathematics education. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah  siswa kelas IV SD Negeri 22 Andalas Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV.b sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas IV.c sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa  serta angket self efficacy. Analisis data dilakukan menggunakan uji Anava dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas IV SD 22 Andalas Padang dengan  Fhitung>Ftabel. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self efficacy tinggi tidak memiliki perbedaan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self efficacy rendah dengan  Fhitung<Ftabel . Self efficacy, pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan pendekatan konvensional tidak memiliki interaksi dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan  Fhitung<Ftabel . Selain itu, self efficacy memiliki hubungan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan thitung > ttabel.

 


Full Text:

PDF

References


Bunga, B. N., & Kiling, I. T. (2015). Efikasi Diri dan Pengukurannya pada Orang Usia Lanjut. Jurnal Researchgate. Seminar Nasional Educational Wellbeing. Universitas Nusa Cendana, (2009), 33–43.

Djam’an, N. (2014). Application of the Realistic Mathematics Education (RME) Approach with a Focus on Social Justice in Teaching and Learning Mathematics. Curtin University.

Fauzan, A. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 7–14

Fauzan, A., & Sari, O. Y. (2017). Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. Aceh, 55–63.

Fitriani, K., & Maulana, -. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355

Pangastuti, S. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Di Kelas IV SD Negeri 66/Iv Kota Jambi, 1–12.

Rosyida, Fatiya; Utaya, S. B. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi:. Universitas Malang, 89–100.

Setyaningsih, S. (2015). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Uncertainty and Data Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa. Journal Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanti. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa MTs Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Journal of Mathematics Education. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh, 3(2), 92–101.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Oktaveni Yetri, Ahmad Fauzan, Desyandri Desyandri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.