PENGARUH MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Sri Wulan Anggraeni, Depi Prihamdani, Dini Dwi Julianisa

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.30

Article Metrics

Abstract Views : 4 times
PDF Downloaded : 2 times

Abstract


Permasalahan dalam proses membaca yaitu siswa kesulitan dalam membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN Kondang Jaya III Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang.Metode penelitian ini adalah metodekuantitatif  eksperimendengan designNonequivalent Control Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IB berjumlah 20 siswa dan kelas IC berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca permulaan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengukur nilai tengah terdiri dari rata-rata (mean), median dan modus. Statistik Inferensial terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan yaitu terlihat bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,123 lebih besar dari taraf signifikan 0,05 maka H0 diterima secara signifikan. Untuk pegujian perbedaan rata-rata nilai akhir kemampuan membaca permulaan siswa yaitu dua pihak, karena nilai sig 0,003 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan nilai akhir kemampuan membaca permulaan siswa yang menggunakan media kartu kata dengan siswa yang tidak menggunakan media.


Full Text:

PDF

References


Irdawati, dkk. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako. Vol.5 No. 4.

Juwita, Dwi R. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 6 No.8.

Rahmat, Pupu S & Heryani, T. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosakata. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol.8 No.1.

Rumidjan, dkk. 2017. Pengembangan Media Kartu Kata untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD. Sekolah Dasar.Vol.26 No.1.

Sarkiyah. 2014. Upaya Meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media kartu kata di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Kreatif Tadulako. Vol.4 No.4..

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Susanti, A. 2015. Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Sumbergirang 2 Puri Mojokerto. JPGSD.Vol.3 No.2.

Tarigan, HG. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Utami, DC. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Bandar Lampung. Skripsi FKIP Lampung


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Basicedu