ANALISIS GERAKAN LITERASI POJOK BACA KELAS TERHADAP EKSISTENSI DAYABACA ANAK DI SEKOLAH DASAR

Hijrawatil Aswat, Andi Lely Nurmaya G

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Article Metrics

Abstract Views : 127 times
PDF Downloaded : 69 times

Abstract


Program Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud mengartikan kemampuan berliterasi sebagai kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai kegiatan, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan atau berbicara. Salah satu akses literasi ini adalah pojok baca kelas sebagai perpustakaan mini yang dihadirkan dalam kelas sehingga lebih mendekatkan dan mengakrabkan lagi siswa dengan bahan bacaannya. Penelitian ini dilakukan di 3 kecamatan Kota Baubau yang terdiri dari 16 Sekolah Dasar, Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulandata yaitu observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi pojok baca kelas belum terlaksana secara menyeluruh karena hanya ada 3 sekolah yang memiliki pojok baca kelas masing-masingĀ  1 sampai 2 kelas saja pojok bacanya. Padahal seruan ini sudah dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun 2015 untuk mengembalikan budaya baca anak, alasan yang mendasar oleh sekolah adalah keterbatasan dana dan minimnya pengalaman dalam mendesain pojok baca kelas. Dilihat dari eksistensi daya baca anak memberikan gambaran bahwa siswa sangat menyambut baik kehadiran pojok baca di kelasnya ditandai dengan aktivitas dan antusias siswa dalam membaca buku bacaan sebelum pelajaran dimulai dan pada saat jam istrahat.


Keywords


Gerakan literasi, Pojok baca kelas, Daya baca anak.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Mulyati & Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara

Asih Ade & Dewantara Mas. 2017. Keefektifan budaya literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation. Vol. 1 (4).

Antasari, Indah wijaya. 2017. Implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal Libria. Vol. 9 No. 1.

Abidin, Yunus, dkk. 2016. Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Ayuningtyas, D. 2015. Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah. http;//www.republika.co.id/berita/pendidikan/education/15/8/18/nt9wqu219-kemndikbud-rintis-gerakan-literasi-sekolah.Diakses tanggal : 08 Oktober 2019.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah.

Faradina, Nidya. 2017. Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah Annajah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya. Vol. 6, No.8.

Gipayana, Muhana. 2010. Pengajaran Literasi. Malang : Asih Asah Asuh.

Gipayana, Muhana. 2011. Sudut baca, pajangan, partisipasi orang tua siswa dan mutu pembelajaran membaca menulis di SD, jurnal Sekolah Dasar, Vol.20 (1), hal. 2.

Kalida dan Mursyid. 2015. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta : Aswaja Presindo.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustaka

Prasetyono, D. S. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta : Think

Sisi Edukasi. 2018. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah, Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan r&d. Bandung:Alfabeta.

Wulanjani Arum & Wahyu Candradewi. 2019. Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Proceding Of Biology Education. Vol.3. No.1.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hijrawatil Aswat, Andi Lely Nurmaya G

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.