PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM STUKTUR SOSIAL KELUARGA DESA DI YOGYAKARTA

Authors

  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
  • Samsudin Samsudin Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang struktur sosial keluarga desa di Yogyakarta yang berimplikasi pada penanaman pendidikan karakter anak dan mencoba menguraikan bagaimana pendekatan sosiologi (struktur fungsional) mampu memberikan sumbangsih keilmuan terhadap dinamika keluarga desa di Yogyakarta dalam konteks tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus di Kecamatan Piyungan Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dalam keluarga desa di Yogyakarta sejak dini telah diberikan pendidikan njawani, yakni pendidikan yang tidak hanya memahami bahasa Jawa, tetapi juga harus menjalankan etika, budaya, dan agama yang telah dilestarikan dalam masyarakat Jawa. Struktur sosial mampu memberi ruang dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak. Untuk itu, diperlukan pemahaman secara utuh dengan menyadari dua aspek penting dalam melihat perubahan keluarga desa di Yogyakarta, yakni aspek struktural dan aspek fungsional.

References

Djaenuddin. 2009. Program Pendidikan Karakter di Lingkungan. Tabloid Penabur Jakarta. No. 25 Thn VII Edisi Maret-April.

Hadari, Nawawi. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

https://id.wikipedia.org/

Idrus, M. 2004. Kepercayaan Eksistensial Remaja Jawa. Disertasi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Idrus, Muhammad. 2012. Pendidikan Karakter pada Keluarga Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun II. Nomor 2.

Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nasution, Khoiruddin. 2016. Pengantar Studi Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Soekanto, Soerjono. 2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sabeni, Beni Ahmad. 2012. Pengantar Antropologi. Bandung: Pustaka Setia.

Saliman. 2011. Membangun Karakrer Bangsa Melalui Bahasa Simbolik Jawa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanderson, Stephen K. 2000. Sociological Worlds: Comparative and Historical Readings on Society. Chicago: Fitsroy Dearborn Publisher.

Supriyantini, Sri. 2002. Hubungan antara Peran Gender dengan Keterlibatan Suami dalam Kegiatan Rumah Tangga. Sumut: Fakultas Kedokteran Program Studi Psikologi, Universitas Sumatra Utara.

Downloads

Published

2019-08-11

How to Cite

Ichsan, A. S., & Samsudin, S. (2019). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM STUKTUR SOSIAL KELUARGA DESA DI YOGYAKARTA. Jurnal Basicedu, 3(2), 514–523. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.34

Citation Check