Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mardiah Mardiah Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Ahmad Fauzan Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Hendra Syarifuddin Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Farida F Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.340

Keywords:

Kata Kunci, RME, Pemahaman Konsep, Disposisi Matematis, Kemampuan Awal

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga siswa cenderung pasif dan kegiatan menjadi kurang bermakna serta kurang bervariasi. Siswa hanya menerima materi pelajaran dari guru, serta menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan pembelajaran melalui pendekatan RME. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa berdasarkan kemampuan awal pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan awal dan tes akhir berupa soal pemahanan konsep matematis serta angket disposisi matematis. Berdasarkan  hasil analisis data uji anova dua arah dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh bahwa  pemahaman konsep matematika siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi berbeda secara signifikan dengan pemahaman konsep matematika siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. Pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME  berbeda secara signifikan dengan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan RME dan  kemampuan awal  dalam mempengaruhi pemahaman konsep matematis siswa. Disposisi matematis  siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi berbeda secara signifikan dengan disposisi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. Disposisi matematis  siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME  berbeda secara signifikan dengan disposisi matematis  siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Selain itu, tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal  dalam mempengaruhi disposisi  matematis siswa.

 

References

Desyandri, Yesya, D. P., & Alwi, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 6(1), 1–10.

Fadjar, S. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fauzan, A. (2002). Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometri in Indonesia Primary Schools. Enschede: Print Partners Ipskamp.

Fitria, Y., & Idriyeni. (2017). Development of Problem-based Teaching Materials for the Fifth Graders of Primary School. Jurnal Ta’dib, 20(2), 99–106.

Gravemeijer. (1994). Developing Realistics Mathematics Education. Freudenthal Institute Utrecht.

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematikan Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip Banjarmasin.

Hudoyo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Dekdikbud.

Muliyardi. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: FMIPA UNP.

NCTM. (2000). Principles and Standar for scholl Mathematics.

Ningsih, S. U., Noer, S. H., & Bharata, H. (2015). Efektivitas Model Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(5).

Nuraini, S. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Berbasis Keunggulan Lokal untuk Membangun Disposisi Matematis dan Karakter Cinta Tanah Air. In Seminar Nasional Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui GerakanLiterasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti (pp. 152–163).

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.

Sumarmo, U. (2002). Daya dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. In Seminar Matematika. Jurusan Matematika ITB.

Syaban, M. (2009). Menumbuh Kembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Jurnal Formatif, 3(2).

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zenti, M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 5 Padang. Jurnal Pendidikan.

Downloads

Published

2020-04-22

How to Cite

Mardiah, M., Fauzan, A., Fitria, Y., Syarifuddin, H., F, F., & Desyandri, D. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 513–521. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.340

Citation Check