Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

Diah Eka Pratiwi, Mawardi Mawardi

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.345

Article Metrics

Abstract Views : 175 times
PDF Downloaded : 10 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan pada mata pelajaran Matematika dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah Gugus Bawono Kec. Bawen Kab. Semarang dengan sampel kelas 4 SDN Bawen 01, SDN Asinan 02, dan SDN Bawen 04 sejumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen rubrik keterampilan berpikir kritis terintegrasi soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan teknik Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat  keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran menggunkan model Inquiry lebih tinggi dari Discovery Learning. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai Probabilitas 0,000 karena nilai probabilitas tersebut ˂ 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam model pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada pelajaran matematika


Keywords


Inquiry, Discovery, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, Indri., (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatif 8(2). (2018: 133)

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Type Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Deti, Ahmatika., (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inkuiri. ejournal/index.php/euclid/article/view/240.

Dewi, E. P. (2017). Using Guided Inquiry Learning with Tracker Application to Improve Student’s Graph Interpretation Ability. Journal of Education And Teacher Training 4(1)

Dwijananti, P. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (2010: 112)

Jumini, S. (2013). Penggunaan Metode Open Inquiry Untuk Memperbaiki Kualitas Pratikum Elektronika Dasar. Scholaria. 4(1)

Mawardi, (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria. 4(3)

Mawardi., & Mariati, M. (2016). Komperasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving Ditinju Dari Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 3 Di Gugus Diponegoro-Tengaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 6(1)

Imama, Nur., (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di Kelas XI SMA 1 Sreseh Sampang. UNESA Journal of Chemical Education.

Karim, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika

Oktaviona, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu 2(2). https://jbasic.org/index.php/basicedu/index

Rohim, F. (2012). Penerapan Model Discovery Terbimbingan Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kratif. Unnes Physics Education Journal. (2012: 2)

Rustini, T., & Tjandra, F. (2015). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SD. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2)

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet: Bandung

Supardi, U. (2012). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3)

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnl Formatif 5(3)

Wijayanti, T., & Azis, A. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Konsep Sel dan Jaringan. Jurnal Biotek, 3(1)


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Diah Eka Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.