Analisis Supervisi Kepala Sekolah dalam Penyusunan RPP dan Pelaksanaan Model Saintific di Sekolah Dasar

Authors

  • Wisma Diandra Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Sufyarma Marsidin Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Ahmad Sabandi Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia
  • Ahmad Zikri Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.378

Keywords:

Supervisi, Model Saintifik, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis supervisi kepala sekolah dalam penyusunan RPP dan pelaksanaan model saintifik di Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasinya adalah guru-guru di Gugus V kecamatan Latina Kota Payakumbuh. Pengambilan sampel dilakukan dengan purpose sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui kegiatan supervisi yang dilakukan di Gugus V Kecamatan Latina. Berdasarkan Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah berjalan dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa analisis kegiatan supervisi kepala sekolah di gugus V kecamatan Latina menunjukan pemahaman guru SD di Kecamatan Latina tentang RPP cukup bervariasi, pada intinya mereka cukup baik dalam memahami tentang media, walaupun ada diantara mereka RPP dalam artian yang terlalu umum.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP, Salinan lampiran peraturan Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia No.22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Bungin, Burhan. 2003. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Daryanto, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman.M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan. M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Indriani, Fitri. 2016. ’’Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pengajaran Micro di PGSD Uad Yogyakarta.’’ Journal III, No. I 2016.

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan 2013.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Penididikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Liu, Min. 2005. Motivating Students Through Problem-based Learning. Diakses dari http://corporate.sullivan.edu.

Martiyono.2014.Mengelola dan Mendampingi Implementasi Kurikulum 2013(Adaptasi hasil Pelatihan Kepala Sekolah, Guru, Mata Pelajaran dan Pendampingan.Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Mulyadi, Eko. 2015. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.

Mulyasa. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rusdakarya Offset.

Nayono,Endar.S dan Nuryadin ER. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.Jakarta. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kecana Prenada Media Group.

Savery, J.R. (2006). Overview Of PBL: Definition and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. IJPBL. Volume 1. Hlm. 1.

Sugiono, 2009. Metode Penelitian. Bandung: Grapindo

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sungur, S & Tekkaya, C. (2006). Effect of Problem Based Learning and Traditional Instruction on Self-Regulated Learning. The Journal of Educational Research. Vol. 99. Hlm. 308

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2020-04-13

How to Cite

Diandra, W., Marsidin, S., Sabandi, A., & Zikri, A. (2020). Analisis Supervisi Kepala Sekolah dalam Penyusunan RPP dan Pelaksanaan Model Saintific di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 443–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.378

Citation Check