NEED ASSESSMENT PENGEMBANGAN MEDIA PENYAKIT MENULAR DI SEKOLAH DASAR

Septi Risqiana Sholeha, Asep Ardiyanto, Ferina Agustini

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.39

Article Metrics

Abstract Views : 45 times
PDF Downloaded : 35 times

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran serta siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar. Hal lain yang melatarbelakangi penelitian ini, kurangnya pengetahuan siswa akan arti pentingnya kesehatan bagi dirinya dan lingkungan, khususnya pada siswa SD yang sudah menjangkau siswa SD kelas tinggi. Dalam penelitian ini juga dilihat sejauh mana kebutuhan siswa SD dalam pengembangan media pembelajaran yang baru.Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah melihat sejauh mana kebutuhan media pembelajaran puzzle pena (penyakit menular) untuk kelas V Sekolah Dasar yang menerapkan permainan dalam pembelajaran. Metode yang akan diterapkan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode model penelitian dan pengembangan (research and development) dari Borg & Gall. Hasil penelitian ini berupa hasil analisis kebutuhan media pembelajaran yang berbentuk permainan untuk menarik perhatian siswa, membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran serta mempermudah siswa untuk memahami materi jenis penyakit menular. Data hasil need assessment berupa hasil wawancara dan observasi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di kelas V SD N 3 Bacem. Dari hasil wawancara dan observasi, kurangnya minat belajar siswa terihat bosan dan jenuh selama mengikuti proses pembelajaran serta penggunaan media pembelajaran tentang penyakit menular yang kurang optimal.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Elan, dkk. (2017). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 66-75. http://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/7168. Diakses pada 10 Desember pukul 15.30.

Husna, Nurul, ddk. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01),66-71. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi. Diakses pada tanggal 21 November 2018 pukul 13.50.

Jamil, Sya’ban. 2012. 56 Games Untuk Keluarga. Jakarta : Republika Penerbit.

Kusnadi, Cecep & Sutjipto Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Marfuah, Siti, dkk. (2014). Pengembangan Lks IPA Terpadu Berbentuk Jigsaw Puzzle Pada Tema Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 2 Margoyoso Kabupaten Pati. Unnes Education Journal, 3(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej. Diakses pada 27 November pukul 12.30.

Rahkma, Ifa Seftia, dkk. (2016). Pengembangan Magic Crossword Puzzle sebagai Media Pembelajaran Ipa Untuk kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(1). http://jurnal.umk.ac.id/indek.php/RE. Diakses pada tanggal 10 Desember 2018 pukul 15.30.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Alfattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi,1(1),21-36.http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/indek.php/utility

Diakses pada tanggal 20 November 2018 pukul 14.40 A.M.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikaksi Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur.Jakarta: Prenadamedia Group.

Sayoga. 2015. Pendidikan Kesehatan untuk Sekolah Dasar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.2016. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.

Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada..

Warapsari, Diyah Ayu & Saptorini. (2015). Pengembangan Contextual Puzzle Dalam Pembelajaran IPA Berbasis proyek Tema Pencemaran dan Dampaknya Bagi Makhluk Hidup. Unnes Education Journal, 4(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej. Diakses pada tanggal 27 November pukul 12.32.

Wiarto, Giri. 2015. Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta : Laksitas.

Winanti, Septika. (2014). Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD. Jurnal Teknologi Pendidikan. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/140. Diakses pada 10 Desember 2018 pukul 15.34


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Basicedu