PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SEKITARKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nilmala Yulia, Yalvema Miaz

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.42

Article Metrics

Abstract Views : 7 times
PDF Downloaded : 10 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah media pembelajaran interaktif yang dapat menunjang proses pembelajaran peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas IV dan dilaksanakan di dua sekolah yakni SDN 12 Cubadak Mentawai dan SDN 04 Kajai. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahap define, design, develop dan disseminate. Jumlah keseluruhan hasil validasi dalam kategori sangat valid. Dari hasil angket keterlaksanaan RPP diketahui bahwa persentase rata-ratanya adalah  87,5%, hasil angket respon guru diketahui bahwa persentase rata-rata tanggapan guru terhadap RPP, bahan ajar, dan LKS  yang digunakan adalah  87,5%, hasil angket respon siswa dengan persentase praktikalitas untuk bahan ajar dan LKS adalah 87% dan 85% yang berada pada kategori sangat praktis. Hasil Efektivitas pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat ini memiliki kriteria sangat efektif dalam meningkatkan pencapai hasil belajar siswa dan keterampilan belajar siswa. Hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan menunjukkan tingkat ketuntasan dengan persentase ketuntasan 80%. Selanjutnya Penilaian sikap siswa berada pada kategori mulai berkembang dengan nilai rata-rata adalah 58,73% dan penilaian keterampilan siswa yang  berkisar antara 72.76,2 % s/d 78.67 % dan  semua aspek mendapatkan nilai rata-rata  75.3 % dengan kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan di Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif

Full Text:

PDF

References


Ahmad, lif Khoiru dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Akbar, Amarullah. 2008. Adobe Flash + XML=Rich Multimedia Application. Universitas Amikom.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Djamaran, Syaiful Bahri. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwy Unggul Wibowo, dkk. 2018. Pengembangan media Interaktif Kekerangka Manusi Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Kelas 5 SD. Jurnal Pigur.-------------Vol. 01 No. 02, Agustus 2018.

Farida Yufarlina Rosita. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Berbicara Bagi Siwa Kelas IV Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran).-------------Vol. 1 No. 1, Mei 2015.

Lose, Famahato, dkk. 2017. Perbedaan Konsentrasi Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah Diberi Konseling Format Kelasikal. Jurnal PPKn & Hukum. ------------------Vol. 12. No. 2 Oktober 2017.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenadamedia Group


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Basicedu