Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Vina Savriliana, Kori Sundari, Yudi Budianti

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517

Article Metrics

Abstract Views : 49 times
PDF Downloaded : 8 times

Abstract


Matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Dan penting bagi siswa sekolah dasar untuk mempelajari matematika agar dapat menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Penulisan ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media dakota (Dakon Matematika). Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan proses analisis data lebih menekankan pada penyimpulan perbandingan tinjauan pustaka dari beberapa jurnal ilmiah. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Dakota (Dakon Matematika) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam aspek kognitif, selain itu dapat melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga dapat membangun minat belajar dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Dakota (Dakon Matematika) dapat dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.

Keywords


Media Dakota (Dakon Matematika), Hasil Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fendrik, M. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dakon Matematika (Dakota) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 702–708.

Haris Hanif Ashar, A. (2016). Pembangan Permainan Dakon Materi Pengurangan dengan Teknik Mengambil pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 2 SDN Lidah Wetan IV/566 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(1).

Kamsiyatun, K. (2016). Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IA SDN Sidomekar 08 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Pancaran Pendidikan, 5(2), 91–102.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Mardiana, K., Margiyati, K. Y., & Salimi, A. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Dakon Bilangan Kelas IV SDN 06. Tanjungpura University.

Maulidiyah, Z. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi FPB Menggunakan Media Dakon Bilangan Siswa Kelas V SDN Sambikerep II/480 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–11.

Purwasih, S. M. (2020). Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 126–133.

Ramdhani, R., Margiyati, M., & Salimi, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Dakon Bilangan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2).

Risnawati, R., Wibowo, A., & Bahar, B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Dakon Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD di Kabupaten Gowa. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(2), 118–126.

Sulaiman, A. (2013). Penerapan Media Permainan Dakon dalam Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas 1 SD Al-Amin Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–7.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana prenada media group.

Utami, D. W., Hamdani, H., & Uliyanti, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Dakon Bilangan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3).


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vina Savriliana, Kori Sundari, Yudi Budianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.