Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik di Sekolah Dasar

Authors

  • Neneng Darllis Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Farida F Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Yalvema Miaz Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.689

Keywords:

Learning Design, ASSURE Model, Integrated Thematic Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain pembelajaran model ASSURE yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran tematik terpadu tema 8 kelas V Sekolah Dasar. Desain pembelajaran yang dikembangkan adalah dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model ASSURE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SDN 02 Simpang Kapuak. Data dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan desain pembelajaran, angket respon peserta didik, angket respon pendidik, lembar pengamat anak aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar. Data yang diperoleh diolah dan di analisis secara deskriptif. Diharapkan hasil penelitian desain pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil ujicoba, diperoleh hasil bahwa desain pembelajaran memenuhi aspek kepraktisan ditinjau dari respon pendidik dan pesertadidik. Desain pembelajaran juga memenuhi aspek keefektifan dilihat dari: 1) aktivitas peserta didik; 2) sikap peserta didik; 3) pengetahuan peserta didik yang melampaui KKM; dan4) keterampilan peserta didik. Desain pembelajaran (RPP) yang dikembangkan memiliki karakteristik: 1) praktis dalam penggunaan, 2) penggunaan bahasanya jelas, logis, dan sistematis

Author Biography

Neneng Darllis, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Universitas Negeri Padang

References

Andriani, M. R., & Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 Sdn Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p143-157

Arigiyati, T. A. (2016). Implementasi Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif.

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610

Bajracharya, J. R. (2019). Instructional Design and Models: ASSURE and Kemp. Journal of Education and Research. https://doi.org/10.3126/jer.v9i2.30459

Charlina, U., Anggraini, R., & Herawati, S. (2020). Buku Komik Lokal Sebagai Media Pengenalan Kearifan Lokal Sumatera Selatan (Lahat) Pada Anak Sekolah Dasar. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.4115

Daryanto, & Tasrial. (2012). Konsep pembelajaran kreatif. Psikologi Pendidikan.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Kadir, A. (2018). Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Melalui Pelatihan Model Assure Dengan Pendekatan Scientific Pada Mgmp Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2017. Akademika.

Kemendikbud. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran Permendikbud.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Kusnandar. (2013). Penilaian autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013. Raja Grasindo Persada.

Muhammad Nawawi, & Ana Christanti. (2020). Promotıng Multılıteracy Framework - Based Lesson Plan for Englısh Language Teachıng In Senıor Hıgh School. Education and Human Development Journal. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1549

Pribadi, R. B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. In Bandung: Alfabeta.

Utami, D. W., Anwar, M., & Hermawan, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Assure Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPA Anak Tunalaras Kelas IV Di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun AjaraN 2017/2018. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n1.p5-14

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Darllis, N., F, F., & Miaz, Y. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 334–342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.689

Citation Check