Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kuantum di Sekolah Dasar

Vivi Mairina, Risda Amini

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.766

Article Metrics

Abstract Views : 99 times
PDF Downloaded : 48 times

Abstract


Model pembelajaran kuantum adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pentingnya peranan lingkungan dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif dan optimal dan memudahkan keberhasilan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dan memaparkan cara pelaksanaan model pembelajaran Kuantum dalam meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 08 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya, dengan jumlah 30 orang, 16 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes dan lembaran observasi. Dari hasil penelitian diperoleh, hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 08 Sungai Rumbai meningkati dengan menggunakan model kuantum terlihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya yaitu: pada tes awal 17%, tes siklus I 53%, dan mengalami peningkatan pada tes siklus II menjadi 87%

Keywords


Hasil Belajar, IPA, Model Kuantum

Full Text:

PDF

References


Amini, R., Farida, F. and Firman, F. (2012) ‘Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Ouddoor pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Dasar PPS Universitas Negeri Padang’.

Arikunto, S. (2010) ‘Penelitian tindakan’, Yogyakarta: Aditya Media.

Imaduddin, M. I. (2013) ‘Modul Q-SETS sebagai Rekayasa Bahan Ajar Kimia yang Bermuatan Quantum Learning dan Bervisi Salingtemas’, JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 1(1), pp. 26–36.

Mikaningsih, J. N. A. (2014) ‘Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep’, PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(1), p. 28.

Negeri, S. D. et al. (2014) ‘Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd’, Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1).

Ni Wyn. Listyawati, M. S. D. N. S. (2013) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd’, Mimbar Pgsd, 1. Available at: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/779.

Sanjaya, D. R. H. W. (2016) Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Savira, F. and Suharsono, Y. (2013) ‘済無No Title No Title’, Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), pp. 1689–1699.

Sulistyorini, S. (2007) ‘Model Pembelajaran IPA SD dan Penerapannya Dalam KTSP’, Yogyakarta: Tiara Wacana. hlm, 39.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vivi Mairina, Risda Amini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.