Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Unik Kurniawati Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia, Indonesia
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.843

Keywords:

media pembelajaran, komik digital, prestasi belajar

Abstract

Proses pembelajaran yang baik tidak menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber belajar, diperlukan berbagai sumber belajar penunjang, seperti yang tertuang dalam Prinsip Standar Proses Pembelajaran menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 salah satunya yaitu dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar. Permasalahan yang dihadapi salah satunya adalah guru tidak memanfaatkan media pembelajaran, guru hanya memberi materi yang diperlukan melalui metode ceramah. Terlebih ketika pembelajaran daring, siswa memerlukan media untuk membantu mempermudah penerimaan materi. Penelitian dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran kodig(komik digital) untuk meningkatkan prestasi belajar tema 6 subtema 1 pada siswa kelas V. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau dapat disingkat dengan R&D. Model yang digunakan dalam penelitian menggunakan model Sukmadinata, dan model pengembangan ADDIE yang melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan hingga tahap pengembangan. Uji validasi ahli materi memeroleh persentase sebesar 84% dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan uji validasi ahli media memeroleh persentase sebesar 77% dengan kriteria tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kodig(komik digital) layak digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar tema 6 subtema 1 pada siswa kelas V.

References

Ambaryani. (2017). Pengembangan Media Komik untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik Kelas IV SDN 1 Ngangrong. Repositori UKSW.

Andra, L. (2018). Pengembangan Media Komik dan Kartu Disiplin pada Pembelajaran Karakter Tema 6 Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Salatiga 09. Repositori UKSW.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran (p. 3). PT Raja Grafindo Persada.

Bonneff, M. (1998). Komik Indonesia. Kepustakaan Populer Gramedia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa (p. 6). Depdiknas.

Gumelar. (2011). Comic Making. PT Indeks.

Hamdu, G. Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pasarawan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Kristiani. (2017). Pengembangan Komik Interaktif Berbasis Discovery Learning untuk Pembelajaran Materi Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Repositori UKSW.

Mawardi. (2014). Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).

Mentari, S. (2017). Pengembangan Komik Edukasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Materi Perbandingan untuk Kelas V SD. Repository UKSW.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (n.d.).

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. DIVA Pres. Rosda Karya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. . (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja.

Wardana, A. (2018). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran untuk Mengapresiasi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas III SD/MI. Doctoral disserstation, UIN Raden Intan.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.843

Citation Check