Pengembangan media pembelajaran “ORMAS” (Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar

Antonius Ferrian Dwi Prasetyo, Suhandi Astuti

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.865

Article Metrics

Abstract Views : 43 times
PDF Downloaded : 23 times

Abstract


Proses pembelajaran saat ini belum bisa dilakukan secara langsung melalui tatap muka karena dampak dari Covid-19. Sehingga proses pembelajaran hanya bisa dilakukan dengan sistem daring (dalam jaringan) atau bisa disebut pembelajaran online. Melihat situasi dan kondisi saat ini pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran sangat di perlukan, untuk itu diperlukan media yang dapat dimanfaatkan siswa secara mandiri. Penelitian media ORMAS berbasis Power Point pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D. Menggunakan model ASSURE meliputi 6 tahapan sebagai berikut, Analyse Learner, State Objektives, Select Method, Media or Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation (tidak dilakukan), dan Evaluate. Penelitian ini digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk. Hasil validasi pakar materi mendapatkan presentase 80% sehingga dapat dikategorikan “Tinggi” (Valid). Hasil validasi oleh pakar media mendapatkan presentase 75.5% sehingga dapat dikategorikan “Tinggi” (Valid). Sedangkan hasil validasi oleh pakar rancangan pembelajaran mendapatkan presentase 74% sehingga dapat dikategorikan “Tinggi” (Valid). Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, dapat disimpulkan bahwa media ORMAS berbasis Power Point pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar layak digunakan dalam pembelajaran

Keywords


Media Pembelajaran, Power Point, ORMAS

Full Text:

PDF

References


Airasian, L. R. G. G. E. M. & P. (2012). Educational research: Compentencies for analysis and application. Pearson Education, Inc.Pearson Education, Inc.

Guru, P., Pustakawan, D. A. N., & Dahlan, U. A. (2015). Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial DI SD MUHAMMADIYAH SUMBERMULYO. 477–492.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. In Media pembelajaran (pp. 3–4). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books

Kusuma, G. (2020). Aplikasi Komputer Dalam Bisnis (Microsoft Exel dan Microsoft Power Point). Malang: Ahlimedia Press. Ahlimedia Press.

Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40.

Permanda, S., Alpusari, M., & Noviana, E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 147 Pekanbaru. 1, 1–13.

Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gondolayu. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122

Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) Konsep Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 44–53.

Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Islam.

Rusman. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Rajawali pers.

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT Indeks.

Sukamdinata. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. PT.Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). PT Bumi Aksara.

Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381

Zulfadli Fahrul Rozi. (2010). Mahir Membuat Game Dalam 1 Jam.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Antonius Ferrian Dwi Peasetyo, Suhandi Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.