UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Miftichatun Chanifah Universitas Kristen Setya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
  • Stefanus Christian Relmasira Universitas Kristen Setya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
  • Agustina Tyas Asri Hardini Universitas Kristen Setya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.96

Keywords:

hasil belajar, berpikir kritis, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan non tes. Penelitian ini dilakukan dalam siklus 1 dan siklus 2 masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD. Desain penelitian disusun berdasarkan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada pra siklus yang tuntas diatas KKM hanya 24% kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 49% dan siklus 2 menjadi 67%. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pra siklus 15% siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 38% dan siklus 2 menjadi 56%. Hal itu terjadi karena kelebihan dari model Problem Based Learning yaitu siswa di dorong untuk memecahkan masalah pada sebuah soal dalam kelompok atau individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan urut dan sistematis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada pembelajaran Matematika kelas V SD

References

Ariani, D., & Mawardi, S. A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD. Didaktika Dwija Indria, 6(8).

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Ayuningtyas, P. (2019). The Implementasi Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 45-54.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287-293.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Simanjuntak, L., Manurung,P., dan Matutina, D. C. (1992). Metode Mengajar Matematika 1. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sundayana, W. (2014). Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Erlangga.

Suwarma, D. M. (2017). Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Penerbit Cakrawala Maha Karya.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Tirtarahardja dan Sulo. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahakarya.

Wulandari, E. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1).

Downloads

Published

2019-04-29

How to Cite

Chanifah, M., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 163–168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.96

Citation Check