Analisis Kebutuhan Siswa Akan Android-Based Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Materi Bangun Ruang

Authors

  • Sabrina Simbolon Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sapri Sapri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2821

Keywords:

analisis kebutuhan, android-based learning, matematika, bangun ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan akan android-based learning sebagai media pembelajaran interaktif pada materi bangun ruang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif memiliki dua tujuan, yang pertama mendeskripsikan dan mengungkapkan, dan yang kedua mendeskripsikan dan menjelaskan. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif sebab bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena yang ada, baik yang bersifat alamiah maupun rekayasa manusia. Berdasarkan hasil studi, siswa sangat tertarik menggunakan media pembelajaran berbasis android karena media pembelajaran tersebut nyaman dan dapat dipelajari tanpa mengenal ruang dan waktu. Siswa dapat menggunakan media pembelajaran berbasis android akan lebih mempermudah siswa. Solusi yang dapat diimplementasikan guru dalam android-based learning sebagai media pembelajaran interaktif di SDIT Daarul Istiqlal terkait pada materi bangun ruang 1) Mengawasi siswa dalam menggunakan android sebagai media pembelajaran. 2). Mengajak orang tua bekerjasama dalam proses belajar mangajar 3). Memberikan arahan. 4)Memberikan ruang untuk bereksplorasi. 5). Menyesuaikan materi bangun ruang dengan media pembelajaran android based learning. 6). Memberikan soal atau tes pada batas kemampuan siswa.

References

Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612

Alfiyah, Z. N., & , Sri Hartatik, Nafiah, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Zuraida. Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Butar, S. (2018). Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Pahlawan Nasional (Studi Kasus : Swasta Daan Mogot 1 Keroncong Kota Tanggerang. 2(3), 100190.

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. © 2018-Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48–53. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/

Farah, R., & Budiyono, B. (2018). Pembelajaran Matematika Materi Geometri Di Sd Al Hikmah Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 254923.

Hasibuan, E., & Bandung, N. (2008). Analisis kesulitan belajarmatematika siswa pada pokok bahasa bangun ruang sisi datar di SMP negeri 12 Bandung. 18–30.

Irawan, Y. (2020). Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Dengan Menerapkan Augmented Reality (Studi Kasus: Sdn 005 Makmur Pangkalan Kerinci). Jurnal Ilmu Komputer, 9(2), 102–106. https://doi.org/10.33060/jik/2020/vol9.iss2.173

Julianti, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran TematikTerpaduKelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888–896. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3477

Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa PENDAHULUAN Pada era kemajuan ilmu pengetahuan di abad ini , pendidikan terus menjadi topik menarik untuk diperbincangkan oleh banyak pihak . Tanpa pendidikan , manusia yang hi. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101–106.

Milenia, T. S., Raya, U. P., Lestari, I. D., Raya, U. P., Putri, M. R., Raya, U. P., Mentari, A. O., & Raya, U. P. (2021). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality. July.

Muslichatun, Ellianawati, & Wardani, S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Konsep Rangka Manusia Berbantuan Media Interaktif Berbasis Android. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 142–150.

Mz, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Nari, N., Akmay, Y., & Sasmita, D. (2020). Penerapan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan membilang. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.26499

Nastiti, A., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2015). Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Perjuangan Kemerdekaan Untuk Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 512. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.512-522

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Pratiwi widia, Z. A. A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Powerpoint Interaktif sebagai media pembelajaran tematik Kelas V SD. 8, 6.

Purnama, M. D., Irfani, M., & Elizabeth, T. (2016). Rancang bangun aplikasi pembelajaran bangun ruang menggunakan unity 3d. Teknik Informatika, 2(1), 1–10.

Suprapti, T. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil. 02(23), 76–81.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(1), 53–57. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/139/85

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kebutuhan Siswa Akan Android-Based Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 6(3), 4322–4330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2821

Citation Check