Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Dan Model Group Investigation Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Bernadetha Titis Wulan Sari Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.357

Keywords:

problem based learning, group investigation, kerjasama, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model PBL dan model GI terhadap kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran IPA SD Negeri Panjang 03 Ambarawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Panjang 03 yang berjumlah 53, yang terbagi atas kelas eksperimen berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi untuk mengetahui kemampuan kerjasama siswa dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 25 for windows. Berdasarkan uji t yang telah dilakukan data memiliki nilai signifikansi 0,000 yang artinya kurang dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya kemampuan kerajasama menggunakan model PBL lebih unggul secara signifikan dibandingkan dengan model GI. Perbedaan kedua model tersebut terlihat dari rerata kedua kelas, pada kelas eksperimen memiliki rerata 83,33 sedangkan kelas kontrol memiliki rerata 71,50, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan efektivitas kemampuan kerjasama siswa muatan pelajaran IPA kelas 4 dengan menggunakan model Problem Based Learning dan Group Investigation SD Negeri Panjang 03 Ambarawa.

 

References

Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama dan Hasil Bejalar Siswa Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Repository UNPAS.

Anjar, Dimas. 2019. Perbedaan Efektivitas Group Investigation dengan Problem Based Learning Terhadap Kerjasama Siswa Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Ggus Joko Tingkir. Jurnal Basicedu.

Fitrianingsih, Tsalatsa. dan Untari. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD Negeri Puri 03. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.

Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kristin, F. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Scholaria.

Kristin, F. 2017. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa.

Kurniasih, Imas, dan Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapanya. Surabaya: Kata Pena.

Rahayu, Ika. dan Yulistiani, Irna. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di SDN Kencana Indah II. Jurnal Didaktik.

Rosita, Ita. dan Leonard. 2013. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.

Samatowa. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Samini. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruh. Jakarta: PT Renika Cipta.

Sudewi, Ni L., Subagia I W., dan Tika I N. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taknonomi Bloom. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia.

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Sari, B. T. W., & Kristin, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Dan Model Group Investigation Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 257–267. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.357

Citation Check