PENGGUNAAN MEDIA PAPAN KARTU BHINEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA SISWA KELAS 4 SDN TLOGOMAS 2

Authors

  • Adelita Arifatur Putri Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
  • Trisakti Handayani Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
  • Mafruzah Mafruzah Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.92

Keywords:

PPKn, Media Papan kartu bhineka, Hasil belajar

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini yaitu siswa yang  kesulitan dalam memahami dan mengingat materi tentang keragaman budaya Indonesia karena materinya yang begitu banyak. Merujuk pada latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas guru pada peggunaan media papan kartu bhineka untuk meningkatkan hasil belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa selama menggunaan media papan kartu bhineka dalam pembelajaran, dan mendeskripsikan hasil belajar yang dicapai siswa sesudah penggunaan media papan kartu bhineka. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan lembar observasi guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan kuantitatid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama pembelajaran mengalami peningkatan selama dua siklus, pada siklus I persentase 78%, hasil ini meningkat pada siklus II dengan nilai persentase 89%. Sementara itu pada aktivitas siswa didapatkan  persentase 79% pada siklus I sementara  pada siklus II aktivitas siswa memperoleh persentase 88%. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I didapatkan nilai 73,00 , sedangkan nilai ketuntasan klasikal kelas 74%. Hasil penelitian mengalami kenaikan pada siklus II dengan pemerolehan rata-rata nilai hasil belajar 84,16, dengan ketuntasan klasikal kelas 87%.

References

Ananda, Rizki. 2017. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: Diva Press.

Darmiyati Zuchdi. 2011. Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Daryanto. 2011. Media Pembelajran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Jiwa.

Depdiknas.2006. permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas

Maslukhah, Khusnul. 2013. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V. SDN Klantingsari 1 Tarik Sidoarjo. JPGSD, 1(2), 1-8.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2019-04-29

How to Cite

Putri, A. A., Handayani, T., & Mafruzah, M. (2019). PENGGUNAAN MEDIA PAPAN KARTU BHINEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA SISWA KELAS 4 SDN TLOGOMAS 2. Jurnal Basicedu, 3(1), 141–145. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.92

Citation Check