Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar

Authors

  • Iin Puspasari Universitas Islam Riau, Indonesia, Indonesia
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.939

Keywords:

Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Dasar

Abstract

Perkembangan tentang Literasi di Indonesia sampai saat ini masih dikatakan rendah. Hal tersebut tertulis dalam hasil kajian dari program for international student assesment ( PISA) yang mengungkapkan dalam pengetahuan membaca Indonesia menduduki tempat dengan urutan 57 dari 65 negara di dunia. Implementasi merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menilai, mengevaluasi dan mengukur apakah kebijakan tersebut dapat berjalan dengan semestinya dan membutuhkan penilaian atau tidak. Literasi adalah kemampuan dalam membaca, menulis, menyimak, dan berbicara untuk mengetahui pengetahuan seseorang baik dalam lisan dan tulisan. Permasalahan yang dihadapi oleh SDN 006 Simpang Perak Jaya dalam GLS adalah rendahnya minat baca pada siswa. Waktunya yang terlalu singkat hanya 15 menit. Kemudian jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas terkadang membuat siswa kurang terkontrol oleh guru serta rotasi pertukaran buku dengan Pabrik RAPP yang tidak terjadwal dalam pertahunnya terkadang membuat siswa merasa bosan dengan buku yang itu-itu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiasaan di dalam dan di luar kelas Gerakan Literasi Sekolah SDN 006 Simpang Perak Jaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan lewat teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Terdapat beberapa pembiasaan di dalam kelas seperti membaca 15 menit, mading dan pertukaran buku antar kelas. Sedangkan pembiasaan di luar kelas adalah kunjungan taman baca dan kunjungan perpustakaan

Author Biography

Iin Puspasari, Universitas Islam Riau, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ahmadi, Farid dan Ibda, Habibulloh. 2018. Media Literasi Sekolah. Semarang: Pilar Nusantara (onlie).

Ali, Mohammad Dan Asrori, Muhammad. 2014. Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud.

Hastuti, Sunu Dan Lestari, Agus Nia. 2018. Gerakan Literasi Seekolah Implementasi Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di SD Sukerejo, Kediri. 1 (2), hlm. 32.

Malawi, Ibadullah dkk. 2017. Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Jawa Timur: Media Grafika (online).

Marthiningsih. 2019. Partisipasi Dalam Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 3 (8), Hlm. 224.

Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Rahmat, Diding. 2017. Implementasi Kebijakan Program Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Kabupaten Kuningan. Jurnal Unifikasi, 1 (4), hlm.37.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390–1400. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.939

Citation Check