PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERORIENTASI STRATEGI PQ4R DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Akmal Rijal STKIP-PGRI Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
  • Asep Sukenda Egok STKIP-PGRI Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13

Abstract

Bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam kurikulum. Untuk itu, perlu dikembangkan bahan ajar membaca yang dapat membantu peserta didik untuk memahami isi bacaan sesuai dengan tahapan membaca. Pada penelitian ini dikembangkan bahan ajar keterampilan membaca berorientasi preview, question, read, reflect, recite, review yang diharapkan dapat mencapai sasaran tersebut. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca berorientasi PQ4R yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahan ajar membaca yang dikembangkan memperoleh rata-rata 3,61 kategori sangat valid. Hasil observasi keterlaksanaan RPP memperoleh persentase 92% kategori sangat praktis. Angket respon guru memperoleh persentase 95% kategori sangat praktis. Angket respon peserta didik memperoleh persentase 92% kategori sangat praktis. Hasil penilaian keterampilan membaca berada pada kategori sangat baik

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Akker.Dkk. 2006. Strategies For Reading in The Elementary School. United States Of America.

Dahlan, Desi. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Quantum Learning pada Materi Sistem Pencernaan untuk Sekolah Mengah Atas.†(Tesis) Tidak Diterbitkan. [Padang(Indonesia)]: Universitas Negeri Padang.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hubner, dkk. 1979. Strategies for Reading in the Elementary School. New York: Nacmillan Publish.

Firman. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Journal of Education and Learning; Vol. 2, No. 2; 2013. A Systematic Characterization of Cognitive Techniques for Learning from Textual and Pictorial Representations. 40-55.

Kemendiknas. 2010. Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Kemendiknas, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mimik, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pecahan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, Vol. 3 No.2, 29-298.

Mrs. Ruqia Bibi, Ph.D and Manzoor H. Arif, Ph.D. Effect of PQ4R Study Strategy in Scholastic Achievement of Secondary School Students in Pakistan. [Internet]. [cited 28 November 2012]. Available from: Language in India www.languageinindia.com.htm.

Permendiknas Nomor 41 tahun 2007. Standar Proses Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rizki, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penyajian Data Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 3 No.2, 264-270.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2005. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model–Model Pembelajaran Inovativ Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2019-08-11

How to Cite

Rijal, A., & Egok, A. S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERORIENTASI STRATEGI PQ4R DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(2), 355–371. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13

Citation Check