PENINGKATAN PARTISIPASI PIKIRAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM)

Nofriza Efendi, Yanti Fitria, Farida Fahrudin, Syahniar Syahniar

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.180

Article Metrics

Abstract Views : 28 times
PDF Downloaded : 3 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi pikiran siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum sepenuhnya siswa berpartisipasi pada pembelajaran IPA  di kelas IV SDN 24 Kalumbuk  Kota Padang. Siswa belum banyak terlihat seperti mengemukakan pendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan para siswa kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitian berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan partisipasi pikiran siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat pada hasil rekapitulasi partisipasi pikiran siswa pada siklus I adalah 62,7% dengan kategori Cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA  dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan partisipasi pikiran siswa di kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang.  


Keywords


Partisipasi Pikiran Siswa, Pembelajaran IPA, Pendekatan STM

Full Text:

PDF

References


Fitria, Y. (2017). Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Issn 2579-3403 Volume 1, Nomor2, Desember 2017 Available Online At: Http://EJournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jippsd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(C).

Nur Afni, K. dan A. (2014). Penerapan Pendekatan Stm (Sains Teknologi Masyarakat) Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untukmeningkatkanhasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Di Sma Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Jurnal Biotik, 2(2), 77–82.

Putro, P. R. dan S. P. (2012). Meningkatkan Aktivitas Belajar ( Active Learning ) Siswa Berkarakter Cerdas Dengan Pendekatan Sains Teknologi (Stm) Oleh: Peduk Rintayati dan Sulistya Partomo Putro Prodi PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal UNS, 1, 1–10.

Prananda, Gingga. (2019). The Effect Of Cooperative Learning Models Of. International Journal Of Educational Dynamics, 1(2), 47–53.

Rosidah, A. (2019). Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatan. Jurnal Basicedu Research, 3(2), 277–281.

Servitri, M. O. (2017). Pembelajaran Multimedia IPA Dengan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 1–8.https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.6157


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 NOFRIZA - EFENDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.