PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Jesmita Jesmita

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.291

Article Metrics

Abstract Views : 32 times
PDF Downloaded : 9 times

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berangkat dari kondisi siswa kelas 4 SDN Wates 01 hasil belajarnya masih rendah melalui observasi dan wawancara dengan guru kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  (Students teams achievement divisions) untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students teams achievement divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu yang diperoleh melalui penelitian yang sudah dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat melalui tindakan siklus I nilai  rata-rata sebesar 75% dengan frekuensi siswa yang tuntas 12 dengan persentase 46,15 % dan frekuensi siswa tidak tuntas ada 14 dengan persentase 53,85 %. Sedangkan pada Siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 82,1, frekuensi siswa yang tuntas ada 19 dengan persentase 73,07%, sedangkan yang tidak tuntas ada 7 dengan presentase 26,93%.

 


Full Text:

PDF

References


Fidarto Muhammad. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Berorganisasi Di Kelas V SD Negeri 09 Kediri Barat. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

Hanifah Nani. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Rehabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda dan pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal SOSIO E-KONS.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Jakarta.

Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya.

------------2013. Strategi Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mawardi. 2014. Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria, 4 (3) 108.

Ni L. Gd. Marheni, I Wyn. Surjana, dan D.B. Kt Ngr. Semara Putra. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kearifan dan Hasil Belajar IPS Kelas V SD N. 8 Padang Sambian Denpasar. Jurnal

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Permendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Suprijono. (2009). Model Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta

Slavin. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Suharsimi Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2014. Permasalahan-Permasalahan Terkait dengan Propesi Guru SD. Jurnal Scholaria

----------. 2015. Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013. Jurnal Scholaria.

---------. 2015. Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Shcolaria

Setiawati Sulis. 2016. Penggunaan Kamus Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jesmita Jesmita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.