Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Widya Wanelly, Ahmad Fauzan

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388

Article Metrics

Abstract Views : 41 times
PDF Downloaded : 9 times

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Lubuk Basung masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa belum terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan cara mereka sendiri. Mereka terfokus terhadap penyelesaian yang diberikan oleh guru sehingga siswa sulit untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan masalah dengan banyak cara. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pendekatan open ended. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD gugus II Kecamatan Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDN 38 Lubuk Sao sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas IV.a di SDN 63 Surabayo sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang bergaya belajar auditorial, visual dan kinestetik yang diajar dengan pendekatan open ended lebih baik dari siswa yang bergaya belajar auditorial, visual dan kinestetik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik. Dan tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa


Keywords


Kemampuan berpikir kreatif, gaya belajar, open ended

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Ali, Muhammad & Asrori. 2016. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Arvy, B. R. (2015). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Kolaboratif dengan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Open Ended ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Pokok Lingkungan Kelas VIII SMP. S2 Tesis. UNY.

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah . Jakarta : BSNP.

Gunawan, Adi. 2003. Genius Learning Strategy. Jakarta : Gramedia

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: National Council of Teacher of Mathematics.

Rahmiatul, Fitri. (2016). Pengaruh Pendekatan Open Ended ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Statistik. S2 Tesis. UNP.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Sahrudin, A. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan UNSISKA, 2 (1).

Setiana, D. S. (2017). Pengaruh Metodel Pembelajaran CTL dan Open Ended Terhadap Minat Belajar Matematika dengan Memperhatikan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Vol. 3 No. 1, Juni 2017.

Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.

Takahashi, A. (2006). What Is The Open Ended Approach . Chicago: Depault Universty.

Taufik, Muhammad. (2012). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram. Jurnal AgriSains, Vol. 5 No.1, Mei 2012

Zarkasyi, Wahyudin. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widya Wanelly, Ahmad Fauzan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.