Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar

Bagoes Pradana Sapoetra, Agustina Tyas Asri Hardini

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.503

Article Metrics

Abstract Views : 86 times
PDF Downloaded : 32 times

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV semester I. Penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre Experimental Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN barukan 2 dengan jumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan posttest menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada menjadi lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada saat pembelajaran berlangsung dibandingkan dengan nilai pretest yang tidak disertai dengan pemberian treatment, didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 72,2 sedangkan pada posttest didapatkan nilai rata-rata sebesar 80,2 Dengan demikian telah terbukti bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dan mata pelajaran matematik

Keywords


Problem Solving Skills, Mathematics, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar; Teori, diagnosis dan remediasinya. Depdikbud.

Gumantara, & Dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sepang. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Masbied. (2011). Teori Pemecahan Masalah Polya dalam Pembelajaran Matematika. Modul tidak diterbitkan.

Mulyani, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Berbantuan Media Bagan Peahan di Kelas III SD Kalisari 1. Jurnal Ilmiah PENDIDIKAN DASAR, 3(1), 13.

Ngatiatun, S. (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 3(1).

Rohman, A. (2013). Pendidikan Komparatif. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sanjaya, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyudi, & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik melalui Model Discovery Leraning dengan Permainan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria., 5(3), 26.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bagoes Pradana Sapoetra, Agustina Tyas Asri Hardini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.