Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book

Dea Mustika, Siti Quratul Ain

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518

Article Metrics

Abstract Views : 9 times
PDF Downloaded : 5 times

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pada hasil pengamatan pada proses pembelajaran yang menemukan bahwa masih rendahnya kreativitas mahasiswa dalam merancang media pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas mahasiswa menggunakan model project based learning dalam pembuatan media ipa berbentuk pop up book. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yang mana data yang didapat berupa persentase untuk kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas mahasiswa yang ditinjau dari aktivitas dan produk yang dihasilkan. Dari segi aktivitas pada siklus I diperoleh nilai rata-rata untuk keseluruhan aspek kreativitas adalah 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 83%, sedangkan dari segi produk pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pembuatan media IPA berbentuk pop up book dengan menggunakan model project based learning.

Keywords


Creativity, Project Based Learning, Pop Up Book

Full Text:

PDF

References


Asyhar Rayandra. 2014. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi. Jakarta: Referensi.

Dewanti, Handaruni, Anselmus J. E. Toenlioe, and Yerry Soepriyanto. 2018. “Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakuaden Kabupaten Ponorogo.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1(3):221–28.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Kunandar. 2018. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Munandar, Utami. 2018. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustika, Dea, Dafit Febrina, and Vany Sinthya. 2020. “Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pembuatan Alat Peraga IPA Menggunakan Pembelajaran Berbasis


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DEA MUSTIKA, Siti Quratul Ain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.