Pengembangan Media Monopoly Game Pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar

Mansyur Romadhon Putra, Andri Valen, Asep Sukenda Egok

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.529

Article Metrics

Abstract Views : 21 times
PDF Downloaded : 11 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media monopoly game pada pembelajaran sains berbasis kearifan lokal siswa sekolah dasar. Berdasarkan Hasil uji kevalidan Media Monopoly game pada pembelajaran sains berbasis kearifan lokal termasuk pada kategori sangat baik yang berarti valid pada validasi ketiga yang mana media layak diuji cobakan dengan nilai persentase 82% oleh ahli media dari 9 indikator termasuk kategori valid untuk digunakan, pada validasi kedua dengan nilai persentase 94% oleh ahli materi dari 9 indikator termasuk kategori sangat valid untuk digunakan dan pada validasi kesatu yaitu ahli bahasa dengan nilai persentase 80% dari 8 indikator termasuk kategori valid untuk digunakan. Tingkat kepraktisan Media Monopoly pada pembelajaran sains berbasis kearifan lokal didapat melalui wawancara siswa dari 6 orang siswa, dari 9 pernyataan yang diajukan kepada siswa mendapat jawaban positif dimana siswa senang berlajar dengan menggunakan media monopoly game pada pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media Monopoly game berbasis kearifan lokal diketahui bahwa media telah dapat digunakan dalam pembelajaran. Media ini dapat membantu siswa dan guru di dalam pembelajaran sains khususnya materi penyesuaian diri makhluk hidup dan lingkungannya.

Keywords


Monopoly Game, Pembelajaran sains,Kearifan Lokal.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Diana, M. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Elisabeth Irma, N. D. (2018). Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 59–69.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran: Mengenal, Merancang dan Mempraktikkannya. Diva Press.

Siwi Pawestri Apriliani, E. H. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasa. Basicedu, 4(4), 994–1003.

Sulistyorini. (2007). Media Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Tiara Wacana.

Valen, A. (2020). Analisis Pemahaman dan Kemampuan Guru Menyusun Soal Mid Semester Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 1084–1097.

Zaahirah, Wijhatuz, K. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Materi Luas Permukaan Balok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matetatika, 3(3), 252–258


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mansyur Romadhon Putra, Andri Valen, Asep Sukenda Egok

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.