Pengembangan Media Monopoly Game Pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mansyur Romadhon Putra STKIP-PGRI Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
  • Andri Valen STKIP-PGRI Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
  • Asep Sukenda Egok STKIP-PGRI Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.529

Keywords:

Monopoly Game, Pembelajaran sains, Kearifan Lokal.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media monopoly game pada pembelajaran sains berbasis kearifan lokal siswa sekolah dasar. Berdasarkan Hasil uji kevalidan Media Monopoly game pada pembelajaran sains berbasis kearifan lokal termasuk pada kategori sangat baik yang berarti valid pada validasi ketiga yang mana media layak diuji cobakan dengan nilai persentase 82% oleh ahli media dari 9 indikator termasuk kategori valid untuk digunakan, pada validasi kedua dengan nilai persentase 94% oleh ahli materi dari 9 indikator termasuk kategori sangat valid untuk digunakan dan pada validasi kesatu yaitu ahli bahasa dengan nilai persentase 80% dari 8 indikator termasuk kategori valid untuk digunakan. Tingkat kepraktisan Media Monopoly pada pembelajaran sains berbasis kearifan lokal didapat melalui wawancara siswa dari 6 orang siswa, dari 9 pernyataan yang diajukan kepada siswa mendapat jawaban positif dimana siswa senang berlajar dengan menggunakan media monopoly game pada pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media Monopoly game berbasis kearifan lokal diketahui bahwa media telah dapat digunakan dalam pembelajaran. Media ini dapat membantu siswa dan guru di dalam pembelajaran sains khususnya materi penyesuaian diri makhluk hidup dan lingkungannya.

References

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Diana, M. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Elisabeth Irma, N. D. (2018). Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 59–69.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran: Mengenal, Merancang dan Mempraktikkannya. Diva Press.

Siwi Pawestri Apriliani, E. H. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasa. Basicedu, 4(4), 994–1003.

Sulistyorini. (2007). Media Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Tiara Wacana.

Valen, A. (2020). Analisis Pemahaman dan Kemampuan Guru Menyusun Soal Mid Semester Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 1084–1097.

Zaahirah, Wijhatuz, K. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Materi Luas Permukaan Balok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matetatika, 3(3), 252–258

Downloads

Additional Files

Published

2020-10-02

How to Cite

Putra, M. R., Valen, A., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Media Monopoly Game Pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1246–1256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.529

Citation Check