PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ririn Amalia, Yalvema Miaz

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.56

Article Metrics

Abstract Views : 0 times
PDF Downloaded : 0 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar berbasis macromedia flash 8 yang valid, praktis dan efektif untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.  Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Penelitian ini dilakukan dengan 4 fase yang terdiri dari define (pendefenisian), desain (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket pengujian validitas, praktikalitas, serta efektifitas bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji validitas pada bahan ajar berbasis macromedia flash 8 diperoleh 88,25 % dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respon guru diperoleh 88,8% dengan kriteria sangat praktis dan angket respon siswa memperoleh 87,5 % dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan efektifitas bahan ajar berbasis macromedia flash 8 memperoleh 82,57% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis macromedia flash 8 layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Mulyasa E. 2017. Pengembangan Implementasi 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nana Syaodih Sukmadinata. 2013.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putu Sukerni. 2014. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester I SD No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick And Carey. Jurnal Pendidikan Indonesia 3(1).

Trianto. 2011. Desain Pengembangan pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Dini kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Basicedu