PERANAN MANAJERIAL GURU TERHADAP DESAIN LINGKUNGAN FISIK KELAS DI SEKOLAH DASAR

Hijrawatil Aswat

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.64

Article Metrics

Abstract Views : 16 times
PDF Downloaded : 10 times

Abstract


Salah satu faktor pendukung keberhasilan proses belajar mengajar adalah lingkungan fisik kelas yang mendukung. Apabila guru mampu memanajerial kelasnya maka sudah mampu menciptakan kelas yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa akan lebih termotivasi melakukan aktivitas belajar secara aktif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar di 3 kota baubau dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, berdasarkan hasil penelitian diperoleh dari 3 kecamatan terdiri dari 26 sekolah dasar hanya ada 2 sekolah unggulan yang memiliki desain lingkungan fisik kelas yang memadai mulai dari segi penyusunan kelasĀ  strategis, penyusunan bangku siswa yang variatif, pengaturan perabot dan pajangan media yang simetris, dan ruang kelas yang bersih dan sehat. Namun dari 2 sekolah ini belum ada yang menggunakan media pembelajaran berbasis tema yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 yang diterapkan. Media pembelajaran yang di pajang di dinding-dinding kelas masih berupa media gambar tunggal dan tidak difungsikan ketika proses belajar meengajar berlangsung, dalam artian hanya seputar pajangan kelas saja. Namun tidak semua guru memiliki peranan manajerial yang baik, hal ini menjadi keluhan guru karena kurangnya pendanaan dari pihak sekolah dalam mendukung dan menyediakan fasilitas yang memadai sesuai kebutuhan siswa, masih ada beberapa guru yang kurang berpengalaman dalam membuat media, lebih mengedepankan penyusunan bangku siswa dari sisi praktisnya melalui susunan sejajar tanpa variasi, dan guru terfokus pada pencapaian hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung : Alfabeta

Cahyanto, Bagus. 2017. Pengembangan Desain Fisik Kelas V Sekolah Dasar Laboratorolium Universitas Negeri Malang (UM). Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana, UM. 2017.

Santrock, W. Jhon. 2009. Psikologi Pendidikan Educational Psychology. Jakarta Selatan : Salemba Humanika.

Everston, corolyn M evertson dan Edsun Emmer. 2011. Manajemen Kelas untuk Guru Sekolah Dasar.

Muhammad kristiawan, Dian Safitri, Rena Lestari. 2017. Manajemen Pendidikan. Deepublish publisher. CV Budi Utama:Yogyakarta.

Mursalin, Sulaiman. 2017. Peran Guru dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas. Vol. 2 No. 1. Hal. 105-108.

Hasibuan & Mudjiono. (2002). Proses Belajar mengajar, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Sunhaji. 2014. Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Vol. 2 No. 2. Hal. 32,35.

Mustafida, Fita. 2017. Menciptakan Iklim Kelas yang Kondusif di SD. Vicratina. Vol. 01 No.2. Hal. 84-86.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Basicedu