PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 05 ANGAN TEMBAWANG

Kris Nurtyas Tuti, Mawardi Mawardi

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.9

Article Metrics

Abstract Views : 1 times
PDF Downloaded : 0 times

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar melalui model Teams Games Tournament (TGT) pada kelas 4 SD Negeri 05 Angan Tembawang. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 23 siswa kelas 4 SD Negeri 05 Angan Tembawang. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, mengajar, Angket dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran TGT dilakukan dalam siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil Keterampilan kolaborasi pada penelitian pra siklus menunjukkan nilai rata-rata kelas 4 sebesar 52%, setelah itu dilakukan tindakan siklus I untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan nilai rata-rata sebesar 65% dan dilakukan lagi penelitian pada siklus II untuk lebih meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan nilai rata-rata sebesar 96%. Hasil belajar pada penelitian pra siklus menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 55, setelah itu dilakukan lagi siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 64.04 dan dilakukan lagi siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 74.13. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar pada kelas 4 SD Negeri 05 Angan Tembawang dengan menggunakan model pembelajaran TGT

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2017) Pengunaan penilaian teman sejawat (peer assament) untuk mengukur hasil belajar psikomotorik pada perkuliahan. Prosiding.109-113.

Febriana, S. G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Collaborative Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Husna, R. (2010). Pengaruh model cooperative learning tipe snowball throwing terhadap hasil belajar matematika siswa.

Sofia, R. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa SMPN 3 kota Tangerang selatan.

Susanna. 2017. Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI Man 4 Aceh Besar. Jurnal Lantanida. 5(2), 35.

Sri Indriyati, E. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gumawang 0I Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang Semester II Tahun 2011/2012 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW).

Ujeng, Sarjan N. Husain, dan Ritman Ishak Paudi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif Tadulako. 4(6), 188.

Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan kemampuan kerjasama dalam tim melalui pembelajaran berbasis lesson study. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 9-16


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Basicedu