UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA PAPAN JARING BAKU SISWA KELAS V

Authors

  • Fitria Utami Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
  • Bambang Suteng Sulasmono Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
  • Eunice Widyanti Setyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.10

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah di SD Negeri Sidorejo Kidul 02 pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Papan Jaring Baku. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sidorejo Kidul 02 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dengan analisis data berupa analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tahap pra siklus siswa yang tuntas dalam pembelajaran hanya 10 siswa (37%) lalu meningkat pada siklus I sebanyak 19 siswa (70%) yang tuntas dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 24 siswa (89%). Peningkatan ini terjadi karena siswa mulai memahami konsep pada pembelajaran matematika yang diterapkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament serta guru menggunakan media papan jaring baku yang dapat membatu siswa memahami konsep pembelajaran.

References

Akbar, Sa’dum. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Strategi Pebelajaran. MADRASAH, 5(2), 173.

Fitriyanti, R., & Setyaningtyas , E. (2017). Pengaruh Metode Chain Writing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Scholaria, 7 (3), 278).

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria, 4 (3), 31.

Mulyani, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Berbantuan Media Bagan Peahan di Kelas III SD Kalisari 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 13.

Saputra, Y. E., & Slamet, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Perekayasaan Sistem Kontrol Siswa Kelas Xii Ei 3 Smk N 3 Wonosari. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(3), 55-6

Shohimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suaeb, S., Degeng, I., & Amirudin. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan. Teori, penelitian dan pengembangan, 3(1), 147.

Wulansari, A. (2016). Peningkatan Hasil belajar Matematika Dengan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament. Basic Education, 5 (25), 39

Downloads

Published

2019-08-11

How to Cite

Utami, F., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA PAPAN JARING BAKU SISWA KELAS V. Jurnal Basicedu, 3(2), 326–335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.10

Citation Check