PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.100Keywords:
Teams games Tournament, IPA, keaktifan, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD N Karangduren 02 melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan langkah-langkah secara umum yaitu penyajian kelas (class precentation), belajar dalam kelompok (Teams), permainan (games), pertandingan (tournament), dan penghargaan kelompok (Teams recoqnition). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa di kelas 5 SD Negeri Karangduren 02. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes dengan analisis data berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dapat meningkatkan kekatifan dan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Karangduren 02 dengan menggunakan langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament. Hal tersebut dibuktikan dengan data meningkatnya rata -rata keaktifan pra siklus sebesar 16,10 dengan kategori kurang aktif, siklus I rata-rata keaktifan meningkat menjadi 17,10 dengan kategori cukup aktif, dan siklus II rata-rata keaktifan meningkat menjadi 29,64 dengan kategori aktif. Untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan KKM yang ditentukan adalah 70, pada tahap prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 64,72 dengan frekuensi tuntas adalah 5 siswa dengan persentase17,86% dan frekuensi tidak tuntas 23 siswa dengan persentase 82,14%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebanyak 5,77 menjadi 70,49 dengan frekuensi siswa tuntas sebanyak 17 siswa dengan persentase 60,71% dan frekuensi 11 siswa tidak tuntas dengan persentase 39,29%. Siklus II hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan sebanyak 19,51 menjadi 90,00 dengan frekuensi siswa tuntas sebanyak 26 siswa dengan persentase 92,86% dan frekuensi 2 siswa tidak tuntas dengan persentase 7,14%.
References
Anugraheni,iI. 2017. Penggunaaniportofolio dalam perkuliahan penilaian pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 246-258.
Anugraheni,iI. i2017. Penggunaan iPenilaian Teman Sejawat (Peeri Assesmen) Untuk Mengukur Hasil Belajar Psikomotorik Pada Perkuliahani. Prosiding. 109-113.
Astiuti, W., & Kristin, iF. (2017). PenerapaniModel Pembelajaran TeamshGames iTournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 155-162.
Aunnurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bahri, A. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Damyati, & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hardini, T. 2015. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN Melalui Metode Sosiodrama di Kelas 5 SD Tlompakan 01-Tuntang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 120-135.
Kristin, Firosalia. 2016. AnalisisbModel PembelajaranbDiscoverybLearning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendikdikan Dasar Perkhasa. 2(1), 90-98
Kusumaningsih, K. D. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Ilmiah Exacta, 2(1).
Maharani, Okti Desta Tri & Kristin, Firosalia. 2017. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, Vol 1(1) : 4-5.
Numayani. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas V SD Negeri 054938 Kab. Langkat. School Education Journal, Vol. 8, No. 1: 35-47.
Purbasari, P. M. 2016. Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan academic skill pada mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 231-238.
Rusman. 2013. Model-model pembelajaran : mengembangkan profesionalisme guru Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Samatowa, Usmani. 2010. iPembelajaran IPA idi Sekolah iDasar. Jakarta: PT. iIndeks.
Setiawan, M. H. Y. 2016. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt). Jurnal Pendidikan dan Dasar.
Sudjana, iNana. i2009. Penilaian iHasil Proses iBelajar iMengajar. iBandung: Rosdakarya
Surya, Y. F. 2017. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 011 Langgini Kabupaten Kampar: Jurnal Basicedu. Vol 1 no. 1, 10-20.
iTrianto. i2009. Mendesain iModel iPembelajaran Inovatif i–Progresif. Jakarta: iKencana iPrenada MG.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).