Strategi Mnemonic Sebagai Solusi Untuk Pengayaan Kosa Kata Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar

Zaenuri Zaenuri, Maemonah Maemonah

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1038

Article Metrics

Abstract Views : 67 times
PDF Downloaded : 37 times

Abstract


Anak tunarungu adalah anak yang mengalami gangguan pendengaran baik pada taraf ringan hingga berat atau dapat disebut tuli atau deaf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menawarkan strategi mnemonic keyword sebagai strategi yang tepat untuk meningkatkan pengayaan kosakata pada anak tunarungu yang tentu saja mengalami hambatan terhadap kosakata karena mengalami gangguan pendengaran. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti berdasarkan buku-buku pustaka serta hasil penelitian terdahulu yang telah dilakukan. Hasil penelitian yang di dapat peneliti dengan menggunakan metode studi pustaka, strategi mnemonic keyword sangat baik dan efektif digunakan oleh guru sebagai solusi untuk meningkatkan kosakata pada anak tunarungu. Dengan strategi mnemonic keywords, peneliti berharap guru-guru yang menjadi pengajar tunarungu tidak kesulitan mencari strategi yang tepat untuk meningkatkan pengayaan kosakata pada anak tunarungu. Sehingga kosakata yang dimiliki anak-anak tunarungu dapat setara dengan anak-anak normal lainnya

Keywords


Strategi, Tunarungu, Kosakata

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Nandiyah. 2013. “MENGENAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS,” no. 86: 10.

Bintoro, Totok. 2011. “KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK TUNARUNGU.” Perspektif Ilmu Pendidikan 23 (XIV): 12–40.

Chaer;, Abdul. 2009. Psikolinguistik: kajian teoretik. PT. Rineka Cipta..

Christine, Jelyna. 2016. “PEMEROLEHAN BAHASA ANAK TUNARUNGU.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2): 95–104.

Ganur, Maria, Beatriks Bunga-Kiling, dan Indra Kiling. 2014. “Pola komunikasi anak usia dini tunarungu bukan bawaan.” Jurnal Transformasi Edukasi 3 (Januari): 63–69.

HarwantiNoviandari, dan Agus Mursidi. 2019. “Identifikasi Dini Guna Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Tuna Rungu Usia Pra Sekolah.” Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan 6 (1): 39–53.

Mappan, Veneranda Suri, Edy Tandililing, dan Ahmad Yani. 2020. “PENGARUH MNEMONIC TERHADAP DAYA INGAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGENAI UKURAN DISPERSI SEBARAN DATA.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 9 (7).

“MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA WORD WALL TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SDLB-B | NAILA MAULINA RAHMAWATI | Jurnal Pendidikan Khusus.” t.t.

Mursita, Rohmah Ageng. 2015. “RESPON TUNARUNGU TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM BAHASA ISYARAT INDONESA (SIBI) DAN BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO) DALAM KOMUNIKASI.” INKLUSI Journal of Disability Studies 2 (2): 221–32.

Pradipta, Rizqi Fajar. 2020. “Analisis Penyebab Kesulitan Anak Tunarungu Dalam Menyusun Kalimat Sederhana.” JURNAL ORTHOPEDAGOGIK 1 (2): 36–44.

Purnamasari, Rika. 2018. “Strategi Pembelajaran Mnemonic untuk Meningkatkan Memori Siswa.” SIPATAHOENAN 4 (2).

Resti, Aulia-. 2012. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA ANAK TUNARUNGU.” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 1 (2).

Verdianingsih, Eliza. 2020. “STRATEGI MNEMONIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi 6 (1): 78–85.

Wasmana, Wasmana. 2017. “STRATEGI MNEMONIC UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VI SDN Sinarjati Tahun Pelajaran 2015/2016).” QUANTA 1 (1): 43–52.

Wijaya, Erwin Kurnia. 2012. “PEMANFAATAN MODUL MNEMONIC (MODUL INGATAN) DALAM PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 8 (1).

Winarsih, Murni. 2010. “PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK TUNARUNGU.” Perspektif Ilmu Pendidikan 22 (XIII): 103–13.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaenuri, Maemonah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.