Analisis Kebutuhan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Berbasis Multimedia

Nur Latifah, Zulela MS, Fahrurrozi Fahrurrozi

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1106

Article Metrics

Abstract Views : 35 times
PDF Downloaded : 17 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat analisis kebutuhan untuk mengevaluasi perencanaan program yang sedang berlangsung dan bertujuan untuk memperbaiki program perencanaan selanjutnnya yang berkaitan dengan proses pembelajran yang meliputi perancangan, pengembangan, pemanfaatan dan pengelolahan dan penilaian. Multimedia merupakan pengabungan antara pengunaan komputer untuk menyampaikan materi pembelajaran, metode yang di gunakan adalah metode deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara dan angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pengajaran mengunakan pembelajaran jarak jauh dengan penyusunan bahan ajar yang sudah di sesuaikan oleh pemerintah, perumusan tujuan pembelajaran. dan pemenfaatan beberapa plafom adapun faktor yang di butuhkan dalam pembelajaran dalam jaringan berbasis multimedia yaitu: 1. Kemampuan untuk mendisain pembelajaran dalan jaringan, 2. Pelaksanaan pelatihan guru untuk dapat mengunakan multimedia, 3. Kemampuan mengunakan multimedia dalam pembelajarna dalam jaringan 4. Menjadikan multimedia sebagai sarana pembelajaran, 5. Sekolah mampu merencanakan,mengelolah dan mengevaluasi multimedia yang di gunakan

Keywords


Keywords: Need Assesment, online learning, multimedia

Full Text:

PDF

References


Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.

Danielson, C., & McGreal, T. L. (2000). Teacher Evaluation to Enhance Professional Practice. https://doi.org/10.1177/019263658406846824

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosain Anak Berkebutuhan Khusus.

Erawati. (2016). Efektifitas Teknologi Multimedia terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Teknik. 1(November), 1–6.

Fadhilaturrahmi. (2017). Analisis Praktik Refleksi Guru Dalam Konteks Program Pendidikan Inklusif : Studi Kasus Empat Guru Kelas Inklusif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9. https://doi.org/doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.467

Francese, R., Gravino, C., Risi, M., Scanniello, G., & Tortora, G. (2015). Using Project-Based-Learning in a mobile application development course-An experience report. Journal of Visual Languages and Computing, 31, 196–205. https://doi.org/10.1016/j.jvlc.2015.10.019

Ganda, L., Putra, R., & Santosa, P. I. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Pocket Code pada Smart Phone dan Tablet. (September).

Indahyani, N. W. T., Suniasih, N. W., & Wiarta, I. W. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B. PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80. Retrieved from http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Latifah, N., & Supena, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Anak Tunalaras di Masa Pendemi COVID-19 di Sekoalh Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 801–812.

Lennox, R., Hepburn, K., Leaman, E., & van Houten, N. (2020). ‘I’m probably just gonna skim’: an assessment of undergraduate students’ primary scientific literature reading approaches. International Journal of Science Education, 42(9), 1409–1429. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1765044

Maesaroh, S., & Malkiah, N. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis Multimedia untuk Sekolah Dasar. Jurnal Sisfotek Global, 5(1), 81–86. Retrieved from https://stmikglobal.ac.id/journal/index.php/sisfotek/article/view/71/73

Majir, A. (2019). Blended Learning Dalam Pengembangan Pembelajaran Suatu Tuntutan Guna Memperoleh Keterampilan Abad Ke-21. Sebatik, 23(2), 359–366. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.783

Meylinda, F. (2015). Pengembangan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Berbasis Adobe Flash untuk Siswa SD. 1(2), 133–140.

Miles, matthew B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data Analysis “a methods sourcebook.” United States of Amerika: SAGE Publications.

MS, Z., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2021). Effectiveness of the use of synthetic analytical structural methods against the ability to begin writing skills in elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 16–22. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i1.33359

Nurdyansyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN (N. M. Nisak, ed.). Sidoarjo: UMSIDA Press.

Rezki, S., & Dewi, M. (2019). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. 2(4), 47–52.

Santosa, P. (2015). Metodologi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan.

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329

Sugiono. (2016). METODE PENELITIAN (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Bandung: Alfabeta CV.

Sung, Y. T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2016). The effects of integrating mobile devices with teaching and learning on students’ learning performance: A meta-analysis and research synthesis. Computers and Education, 94, 252–275. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008

Tenri Ampa, A., Amin Rasyid, M., Asfah Rahman, M., Haryanto, H., & Basri D., M. (2013). The Implementation of Multimedia Learning Materials in Teaching English Speaking Skills. International Journal of English Language Education, 1(3), 293. https://doi.org/10.5296/ijele.v1i3.4153

Yarfin, L. O., & Suyadi. (2020). Pendidikan Akhlak Pada Anak Tunalaras di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta. Jurnal Uhamka, 11, 68–85.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Latifah, Zulela Ms, Fahrurrozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.