Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212Keywords:
media pembelajaran, game, kemampuan pemecahan masalah.Abstract
References
Akbar. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Al-Tabany, I. B. T. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA &Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana.
Atmoko, S. W., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2017). Pengembangan Media Utama (Ular Tangga Matematika) dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Luas Keliling Bangun Datar Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 119. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1476
Clara, Y., Supriyati, Y., Situmorang, R., & Jakarta, U. N. (2018). Pengembangan Game Interaktif Pada. 94–98.
Costikyan, G. (2013). Uncertainty In Games. The MIT Press.
Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan …, 4, 526–532. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/29741
Indrawati, D., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Media Travel Game Untuk Pembelajaran Perkalian Dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika Sd Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2631
Ismunamto, A. (2011). Ensiklopedia Matematika. Penerbit Khusus Buku – buku Ensiklopedia.
Maryani., D. (2014). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Jurnal Speed, 6, 2.
Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Kosep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Widya Sari Press.
Milman, N. B. (2015). Education, Distance. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92001-4
Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 131. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149
Ratih, W. (2017). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERMUATAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8).
Saraswati, Dewi, Firosalia Kristin, I. A. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BAGI SISWA KELAS 5 SD NEGERI SUMOGAWE 02. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1).
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan matematis-logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Suparman, A. (2012). Desain Intruksional Modern. Erlangga.
Wahyudi, W., & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. In Satya Wacana University Press (Issue August). https://herryps.files.wordpress.com/2010/09/strategi-pemecahan-masalah-matematika.pdf
Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84
Windawati, R. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).