Pengembangan Game Math-Venture terhadap Pemecahan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1221Keywords:
Math-Venture, media, pemecahan masalah, matematika SDAbstract
References
Denny Rahmalia, Dadan Suryana. (2021). Pengembangan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika pada Anak. Jurnal Basicedu.
Efendi, E & Zhuang, H. (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Andi offset.
Ely Wardhani, Novita., & Rahmawati, I. (2020). Pengembangan Media Game Labyrinth Adventure Berbasis Android Sesuai Tahapan Pemecahan Masalah Polya Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1)
Faiq, A. (2012). Mathematics Adventure Game Berbasis Role Playing Game (RPG) Sebagai Media Pembelajaran Mata Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Jetis 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
H, Suhendri . (2011). Pengaruh Kecerdasan matematis-logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif, 1, 29–39.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Luthfya, & Zaim, U. (2020). ) Pengembangan game edukasi “Beruang Pintar (Belajar Bangun Ruang Pintar) untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Matematika.
Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Kosep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. widya sari pres.
Mawardi. (2017). Designing the Implementation of Model and Instructional Media.
Meriam S. (2019). Analisi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTsN Dengan Menggunaan Metode Open Ended Di Banung Barat. Cendekia, 3, 178–18.
M,Askari Zakariah, Vivi Afriani, K. M. Z. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R&D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Mulyasa, & E. (2014). Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.
Nur Qurrota A’yun, Ika Rahmawati. (2018). Pengembangan Media Interaktif Si Pontar Berbasis Aplikasi Android Materi KPK Dan FPB Mata Pelajar Matematika Kelas IV SD. JPGSD.
Rabiah, Siti. (2015). Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Program Studi Bahasa dan Satra Indonesia. Fakultas Sastra.Universitas Muslim Indonesia.
Rita Ningsih, Arfatin Nurrahmah (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif.
Ririn Windawati, Henny Dewi Koeswanti. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
S, Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sunyoto Hadi Prayitno, Hanim Faizah (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika.
Vini ArianiErwin, Yarmis. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Wijaya, E.Y, Sudjimat, D.A, N. A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).