Pengembangan Media Poly Game pada Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1249Keywords:
game, matematika, kemampuan pemecahan masalah.Abstract
References
Akbar. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Amanda, D. A., & Putri, A. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(2), 160–168.
Anisah, M. dan. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 3(2).
Anugrahini, Y. & Windrawanto, Y. (2017). Pengembangan Game Bubble Match Sebagai Media Pembelajaran Pembagian dalam Bentuk Pengurangan Berulang Untuk Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 75–83.
Ardiansyah, I. (2013). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Universitas Pendidikan Indonesia.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Desi Indarwati, Wahyudi, N. R. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan, 30(1), 17–27.
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Kuncoro, Y. (2019). Pengembangan game pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SD dengan menggunakan program Visual Scratch. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.
Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Kosep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Widya Sari Press.
Prensky, M. (2012). From Digital Natives to Digital Wisdom.
Savitri, E. H. (2019). Pengembangan Media Interaktif Berbasis APP Desktop Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN Wunut 1 Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo Pendidkan Guru Sekolah Dasar Universitas Kanjuruhan Malang Email : estryhutamisavitri@yahoo.co.id Pendi. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(November), 467–476.
Sejati, K. A. P. (2020). Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis PC Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Jurnal CendekiaJ:Urnal Pendidikan Matematika, 4(2), 602–614. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.279
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Graha Ilmu.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tri, W. (2011). Pengembangan Student Worksheet Berbahasa Inggris SMP Kelas VIII Pada Pembelajaran Aljabar Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Berbasis Kontruktivisme. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wahyudi, W., & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. In Satya Wacana University Press (Issue August). https://herryps.files.wordpress.com/2010/09/strategi-pemecahan-masalah-matematika.pdf
Widyastuti, dkk. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100.
Zulkarnain. (2015). Pendidikan Kognitif Berbasis Karakter. Tasamuh: Jurnal Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat Islam IAIN Mataram, 12(2), 189–203.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).