Pengembangan Game Ludo untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1259Keywords:
pengembangan, game ludo, ipsAbstract
References
(Jannah et al., 2021a)(Jannah et al., 2021b)
Agustin, W., Padmanthara, S., & Malang, U. N. (2018). NIRKABEL SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERMUATAN PROBLEM BASED LEARNING. 5(1), 1–8.
Indah, Ana Puspita Indah, Indria Laksmi Gamayanti, R. W. (2016). Efektivitas Pencegahan Adiksi Video Game Menggunakan Ludo Game untuk Siswa Sekolah Dasar. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(9), 317–322.
Jannah et al. (2021a). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066.
Jannah et al. (2021b). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066.
Keislaman, K. (2017). KONSEP PENELITIAN R & D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. m(1989), 129–150.
Kore, D., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Peran Permainan Ludo Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–11. http://www.ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2068/1555
Lestari, M. D., Ansori, Y. Z., Rodiyana, R., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Majalengka, U. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA Dasar pada praktiknya lebih banyak mengajarkan siswa pengetahuan verbalistik yang kurang mempersiapkan siswa agar mampu menghadapi kehidupan sosial yang akan mereka temui ( Ansori , 2020 ). Makna pendidikan yang sarat. 20, 441–452.
Marhadi. (2019). Permainan Ludo sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education Volume, 7(2), 19–31.
Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian, 9(1), 1–15. http://jurnal.upi.edu/file/Enok_Maryani.pdf
Minsih, Jatin Sri Nandang, W. K. (2021). Kontribusi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Agung. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258.
Mukh. Khudori1, A. dan M. M. (2012). PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE TGT MENGGUNAKAN MEDIA GAMES ULAR TANGGA DAN PUZZLE DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA. 1(2).
Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Sma Purnama Trimurjo. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1), 50–59.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. https://media.neliti.com/media/publications/222455-kedudukan-ilmu-pengetahuan-sosial-ips-pa.pdf
Rahmadani, R. D., & Marlena, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas Xi Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Negeri 2 …. … Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1083–1089. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36054
Rahmawati, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran LUDO pintar Indonesia pada muatan IPS materi rumah adat kelas IV SDN Karangayu 03 Semarang. Skripsi. https://lib.unnes.ac.id/34673/
Sari, P. I., Purnama, B. E., & Wardati, I. U. (2010). Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) Dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar Negeri Sooka I Punungkabupaten Pacitan. IJCSS-Indonesian Jurnal on ComputerScience, 3(1), 1–7.
SELVIANA KHODIZAH. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO FISIKA PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o
Setiawanti, E. T. (2019). Pengembangan Media E-Comic Pada Muatan Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pengembangan Media E-Comic Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.89
Sunzuphy, C. (n.d.). Media pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).