HUBUNGAN PENGHASILAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR OO6 LANGGINI

Authors

  • Rinda Fihtriyana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.128

Keywords:

Penghasilan orang tua, Motivasi, Prestasi belajar, Siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk melihat hubungan penghasilan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SD 006 Langguni. Penelitian ini menggunakan rancangan descriptitive correlational dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V SDN 006 Langgini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan menjadikan siswa kelas IV dan V SDN 006 Langgini yang berjumlah 55 orang sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara penghasilan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SDN 006 Langguni (Pv = 0,000; < 0,05). Diharapkan kepada orang tua siswa untuk meningkatkan kepedulian terhadap kegiatan belajar anak, dengan cara mengajak berdiskusi dengan anak tentang kesulitan-kesulitan belajar yang dialami anaknya, mendengarkan keluhan anak tentang kesulitan pelajaran di sekolah, dan mendampingi siswa pada saat melihat acara TV sehingga tidak mengganggu waktu belajarnya,   meningkatkan kepedulian terhadap kegiatan belajar anaknya, dengan cara menjalin komunikasi dengan pihak sekolah khususnya pada guru yang mengajar putranya.

References

Alaida, dkk. 1993/1994. Hubungan Kausal Antara Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Dengan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Batu, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang. Lembaga Penelitian.

Arini Loysiana, tingkat motivasi belajar siswa (studi deskriptif pada siswa kelas VI SD Maria Immaculata Cilacap) 2016

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN 005 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Fyans dan Maehr.1997. Prestasi Belajar Siswa.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Gilarso, T. 2004. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara Muhaimin, Pemikiran Pendidikan Islam (Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya), (Bandung: Trigenda Karya,1993).

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini, Pustaka Pelajar Yogyakarta 55167

Ki Hajar Dewantara, Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: Taman Siswa, 1961)

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Fihtriyana, R. (2018). HUBUNGAN PENGHASILAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR OO6 LANGGINI. Jurnal Basicedu, 2(1), 102–110. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.128

Citation Check