Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Authors

  • Firdayu Fitri Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Ardipal Ardipal Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Keywords:

Video Pembelajaran, Aplikasi Kinemaster, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang terbatas dimasa pandemi. Proses pembelajaran disekolah dilaksanakan secara daring dan luring. Hal tersebut membuat peserta didik merasa bosan sehingga motivasi belajar berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kinemaster pada tema lingkungan dan sahabat kita kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah pengembangan media pembalajaran yaitu audio visual atau video pembelajaran. Hasil yang diperoleh, validai RPP diperoleh rata-rata 95,20 dengan kategori sangat valid. Validasi video pembelajaran diperoleh rata-rata 87,33 dengan kategori sangat valid. Pada tahap praktikalitas, diperoleh hasil bahwa video pembelajaran sudah praktis untuk digunakan. Penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 93%. Ini berarti video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif digunakan di kelas V sekolah Dasar.

References

Amali, E. F., & Tandyonomanu, D. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Jenis Musik Tradisi dan Modern Nusantara Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Belajar Kelas XI di SMA Negeri 1 Mengganti. Revista de Educación Laurus, 25(35), 103–125.

Ardipal. (2018a). Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal bagi Peserta Didik di Masa Depan. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 11(1). https://doi.org/10.24036/komposisi.v11i1.69

Ardipal. (2018b). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Smp Negeri 1 Sungayang Kab. Tanah Datar. Jurnal Sendratasik, 7(1), 43–51.

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. Retrieved from http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237

Husada, S. P., Taufina, & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416

Khaira, H. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa …, 39–44. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41218

Octavianty, R., Astuti, A., Hikma, R. S., & Iwan, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi KineMaster guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 26 Watang Palakka. Journal Lepa-Lepa …, 1(1), 280–286. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17283

Othman, N., & Amiruddin, M. H. (2010). Different perspectives of learning styles from VARK model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7(2), 652–660. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.088

Plomp, T. (2013). Educational design research: An Introduction. In Handbook of research on educational communications and technology. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_11

Pratiwi, I. W., Triyono, & Warsiti. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inkuiri, 2(1), 88–105.

Rosalina, E., & Andriana, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Melalui Aplikasi Kinemaster bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus 10 Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Jurnal Bakti Nusantara Linggau, 2(1), 13–19. Retrieved from https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/bnl/article/view/68/44

Roy, D., Tripathy, S., Kumar, S., & Sharma, N. (2020). Study of knowledge, attitude, anxiety & perceived mental healthcare need in Indian population during COVID-19 pandemic. Asian Journal Of Phychiatry, 51(April).

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. In Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan.

Suarni, N., Taufina, & Zikri, A. (2019). Literasi Membaca Untuk Meningkatkan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Subakti, H., Al Hadar, G., & Orin, E. A. (2021). Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Basicedu, 5(5), 3186–3195.

Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066.

Taufik Taufina & Arwin. (2018). Peningkatan Sikap dan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Melalui Model PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 2 April 2020 Hal. 491- 497 Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu, 4(2), 491–497.

Taufina, & Mayarnimar. (2017). Validity Analysis of The Vark (Visual, Auditory, Read- Write, and Kinesthetic) Model – Based Basic Reading And Writing Instructional Materials For The 1st Grade Students of Elementary School. Proceedings of the 20th USENIX Security Symposium.

Weriyanti, Firman, Taufina, & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Strategi Question Student Have Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416

Zammit, J., Gao, J., & Evans, R. (2016). Capturing and Sharing Product Development Knowledge Using Storytelling and Video Sharing. Procedia CIRP, 56, 440–445. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.10.081

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Citation Check