Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Mata Pelajaran PPKn untuk Mendukung Sikap Toleransi Siswa dalam Masyarakat Multikultur

Authors

  • Shilmy Purnama Universitas Tanjungpura, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1561

Keywords:

Pendidikan Multikultural, PPKn, Sikap Toleransi

Abstract

Kondisi keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh bangsa multikultur adalah rentang terjadinya konflik horizontal. Oleh karena itu, seluruh lapisan masyarakat harus menjunjung tinggi sikap toleransi sebagai upaya preventif. Pentingnya sikap toleransi yang dimiliki oleh masyarakat ini dirasa perlu dikembangkan sejak dini melalui jalur Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Pendidikan Multikultural pada mata pelajaran PPKn untuk mendukung sikap toleransi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan Multikultural tidak menjadi mata pelajaran sendiri yang terpisah, melainkan diintegrasikan ke dalam mata pelajaran PPKn. Penerapannya diawali dengan merumuskan perencanaan pembelajaran berupa RPP dengan cara melakukan analisis KI-KD, memilih materi mana yang cocok disisipkan nilai Pendidikan Multikultural sehingga tercermin dalam tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensinya. Setelah itu, dalam proses pelaksanaan pembelajarannya pun, guru bisa menyampaikan materi yang telah dipilih yang berkaitan dengan Pendidikan Multikultural seperti keberagaman Indonesia, atau materi umum. Materi umum diterapkan dengan metode diskusi atau simulasi yang tetap mencerminkan nilai-nilai toleransi sebagai perwujudan dari Pendidikan Multikultural.

References

Al Hakim, S., & Untari, S. (2018). Pendidikan Multikultural Strategi Inovatif Pembelajaran dalam Pluralitas Masyarakat Indonesia (M. Media (ed.)).

Aly, A. (2005). Pendidikan Multikultural dalam Tinjauan Pedagogik.

Bank, J. (1984). Teaching Strategies for Ethnic Studies. Allyn and Bacon.

Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2013). Multicultiral Education Issues and Perspectives (Eight). John Wiley and Sons.

Blum, L. (2001). Antirasisme, Multikulturalisme, dan Komunitas Antar Ras, Tiga Nilai yang Bersifat Mendidik bagi Sebuah Masyarakat Multikultur (S. C. dan D. Rusbiantoro (ed.)). Tiara Wacana.

Budimansyah, D., & Suryadi, K. (2008). PKn dan Masyarakat Multikultural. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan.

Huberman, M. and. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition 3. Sage Publications.

Jones, J. (2015). Infusing Multicultural Education into the Curriculum: Preparing Pre-Service Teachers to Address Homophobia in K-12 Schools. http://ijme-journal.org/index.php/ijme

Kalidjernih, F. (2010). Puspa ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan. Widya Aksara Press.

Kariyadi, D., & Suprapto, W. (2017). Membangun Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Masyarakat Multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 86. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1560

Meinarno, E. A. (2011). Manusia dalam Kebudayaan Masyarakat. Salemba Humanika.

Nur Hidayah, M. S. (2006). Masyarakat Multiultural. Masyaraat Multikultural Multikultural, 1–15.

Parekh, B. (2008). Rethinking Multiculturalism Keberagaman Budaya dan Teori Politik. Kanisius.

Savage, T. V., & Armstrong, D. G. (1996). Effective Teaching in Elementary Social Studies. Prentice Hall.

Setiawan, D. (2014). Kapita Selekta Kewarganegaraan. Cahaya Ilmu Press.

Supardan, D. (2004). Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendekatan Multikultural dan Perspektif Sejarah Lokal, nasional, Global, untuk Integrasi Bangsa (Studi Kuasi Eksperimental terhadap Siswa Sekolah Menengah Umum di Kota Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparlan, P. (2002). Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural. In Antropologi Indonesia (p. 98).

Suparlan, P. (2004). Masyarakat Majemuk, Masyarakat Multikultural, dan Minoritas: Memperjuangakan Hak-hak Minoritas. Workshop Yayasan Interseksi, Hak-Hak Minoritas Dalam Landscape Multikultural, Mungkinkah Di Indonesia.

Tillman, D. (2004). Pendidikan Nilai untuk Kaum Muda Dewasa. Grasindo.

Winataputra, U. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Widya Aksara Press.

Winataputra, U. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan Refleksi Historis-Epistemologis dan Rekonstruksi untuk Masa Depan. Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Purnama, S. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Mata Pelajaran PPKn untuk Mendukung Sikap Toleransi Siswa dalam Masyarakat Multikultur. Jurnal Basicedu, 5(6), 5753–5760. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1561

Citation Check