Metode Sosiodrama sebagai Sarana dalam Menumbuhkan Kesadaran Toleransi Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Diaz Putri Amelia Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia
  • Raisa Ayu Luthfia Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia
  • Solihin Ichas Hamis Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1601

Keywords:

civics education, tolerance, sociodrama

Abstract

Toleransi merupakan salah satu sikap menghargai, menghormati terhadap perilaku orang lain. Sikap toleransi ini penting diterapkan pada siswa khususnya siswa sekolah dasar. Sejalan dengan itu, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di jenjang sekolah dasar juga mengajarkan tentang makna toleransi. Dengan penggunaan metode sosiodrama diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 6 di SD Negeri Jamali terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berkaitan dengan toleransi antar bangsa di Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran toleransi siswa dan penerapannya di kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran keberagaman bangsa. Berdasarkan hasil pengamatan, peneliti juga melihat bahwa terjadi kenaikan perubahan pada ketuntasan belajar yang sangat signifikan. Dari data yang diperoleh sebesar 84,8% siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama dan ini juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap urgensi toleransi serta penerapannya di kehidupan sehari-hari. Maka tindakan penelitian ini sudah mencapai keberhasilan dalam segi materi pembelajaran maupun dalam metode sosiodrama

References

Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. (2021, Oktober 8). Retrieved from JDIH BPK RI - DATABASE PERATURAN: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Ariestina, H. (2019). Penanaman Nilai Toleransi Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Waspada FKIP UNDARIS, 6, 3.

Hasyim, U. (1979). Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Umat Beragama. Surabaya: Bina Ilmu.

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. (2013). Dasar Dasar Prose Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Yusuf, M. (2019). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hardini, T. I. (2015, September). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Melalui Metode Sosiodrama di Kelas 5 SD Tlompakan 01-Tuntang. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 120-135.

Kunandar. (2018). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan (Vol. VII). Tangerang: Pustaka Mandiri.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter : Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter (Vol. 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno. (2007). Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Simarmata, N. d. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 1.

Wahab, A. (2012). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Zuhara, E. (2015). Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1.

Svanberg, L. (2014). Tolerance of Diversity and the Influence of Happiness. Bachelor Thesis in Economics. Karlstad Bussiness School.

Downloads

Published

2021-11-09

How to Cite

Amelia, D. P., Luthfia, R. A., Hamis, S. I., & Dewi, D. A. (2021). Metode Sosiodrama sebagai Sarana dalam Menumbuhkan Kesadaran Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5624–5630. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1601

Citation Check