Pembudayaan Nilai-Nilai Islam di Madrasah dan Masyarakat

Authors

  • Sedya Santosa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
  • Tria Marvida Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1643

Keywords:

Nilai-nilai Islam, madrasah, masyarakat

Abstract

Bagi umat Islam, tujuan pendidikan yang dirumuskan di tingkat nasional adalah sesuatu yang istimewa, di mana iman dan taqwa yang merupakan tujuan pendidikan dalam Islam dijadikan sebagai tujuan pendidikan nasional. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, maka pendidikan harus mampu menanamkan nilai-nilai Islam pada siswa. Pembudayaan nilai-nilai Islam di lingkungan madrasah dan masyarakat dinilai mampu untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri. Selain lingkungan madrasah, lingkungan masyarakat juga berperan dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada diri siswa. Tulisan ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian  kualitatif yang digunakan adalah library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokementasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, antara lain: reduksi data, display data dan gambaran konklusi atau verifikasi. Berdasarkan hasil kajian dapat diketahui bahwa nilai-nilai normative dalam ajaran Islam terkandung dalam Al-Qur’an yang menjadi acuan dalam pendidikan Islam. Nilai-nilai ini termasuk akidah, ibadah, dan akhlak. Adapun strategi yang digunakan dalam melaksanakan pembudayaan nilai-nila Islam baik di madrasah ataupun masyarakat adalah: strategi keteladanan, pembiasaan, ibrah dan amtsal, pemberian nasehat, pemberian janji dan ancaman, kedisiplinan, kekuasaan, persuasi, dan peraturan pendidikan.

References

Arifin, Samsul. t.t. “Pengembangan Budaya Religius di Sekolah.â€

Harahap, Nursapia. 2014. “Penelitian Kepustakaan.†Jurnal Iqra’ 8 (1).

Kholiq, Abdul. 2015. “Pendidikan Agama Islam Dalam Kebudayaan Masyarakat Kalang.†Jurnal at-Taqaddum 7 (2).

Mala, Abdurrahman R. 2015. “Membangun Budaya Islami Di Sekolah.†Irfani 11 (1): 13.

Mardia. 2017. “Penerapan Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Umum di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.†Jurnal Pendidikan Islam: Pendekatan Interdesipliner 1 (2).

Ma’rufah, Afni. 2020. “Pengembangan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah.†Edukasia : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1 (1).

Masriafatin, Yuni. 2019. “Strategi Pembudayaan Karakter Pada Pendidikan Dasar Islam.†JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi 18 (1).

Muh. Fitrah, dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak.

Muhsinin, Muhsinin. 2013. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Islam Untuk Membangun Karakter Siswa yang Toleran.†Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8 (2).

Mulyadi, Edi. 2018. “Strategi Pengembangan Budaya Religius di Madrasah.†Jurnal Kependidikan 6 (1).

Munif, Muhammad. 2017. “Strategi Internalisasi Nilai-nilai PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa.†Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2): 1–12.

———. t.t. “Pengembangan Pendidikan Agama Islam Sebagai Budaya Sekolah.†Pedagogik: Jurnal Pendidikan 3 (2): 12.

Pairin. 2019. “Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik di Pesantren Ummusshabri Kota Kendari.†Shautut Tarbiyah 25 (1).

Prasetyo, Donny dan Irwansyah. 2020. “Memahami Masyarakat dan Perspektifnya.†Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 1 (1): 163–75.

Rizal, Syaiful. 2017. “Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Pada Siswa SD/MI.†Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4 (1).

Rizal, Syaiful, dan Abdul Munip. 2017. “Strategi Guru Kelas dalam Mumbuhkan Nilai-nilai Karakter Pada Peserta Didik (Study Kasus : SDN Pondok Dalem 01 Semboro dan MI Fathus Salafi Ajung Jember).†Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4 (1): 45.

Rosidah, Siti. 2019. “Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Sekolah Di SDI Salafiyah Kahiruddin Gondanglegi.†Skripsi, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sari, Milya. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.†Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, no. 1: 13.

Siswanto, Heru. 2019. “Pentingnya Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah.†Madinah: Jurnal Studi Islam 6 (1).

Subianto, Jito. 2013. “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.†Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8 (2).

Talibo, Ishak. 2019. “Pendidikan Islam Dengan Nilai-Nilai Dan Budaya.†Jurnal Ilmiah Iqra’ 13 (1): 48.

Wahyudi, Elvi. 2020. “Pembudayaan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam MultikulturalPada Akademik Keperawatan Pemerintah Kabupaten Gresik.†Pendidikan Multikultural 4 (2).

Zainuddin. 2019. “Menciptakan Budaya Religius Pada Madrasah.†el-Huda 10 (2).

Zed, Mestika. 2008. Metode penelitian kepustakaan. Ed. 2. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Santosa, S., & Marvida, T. (2021). Pembudayaan Nilai-Nilai Islam di Madrasah dan Masyarakat. Jurnal Basicedu, 5(6), 6418–6425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1643

Citation Check