Merangsang Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Media Video Sosiodrama untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Siti Rahmi Jalilah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1657

Keywords:

model tutorial, media video sosiodrama, minat belajar

Abstract

Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia untuk melaksanakan fungsi, peran serta eksitenseinya sebagai manusia untuk meningkatkan harkat dan martabat suatu bangsa demi kemajuan suatu negara kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Namun dengan merabaknya pandemi Covid-19 memaksa pemerintah membuat kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam bidang pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran, media video menjadi alternatif yang cukup menarik untuk digunakan. Namun, pada mata pelajaran Aqidah Akhalak khususnya pembelajaran bagi siswa sekolah dasar, video yang disajikan sebagian besar bersifat teoritis sebagaimana pembelajaran dengan metode ceramah di kelas. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan model pembelajaran tutorial berbasis media video sosiodrama dalam merangsang minat belajar siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data dari sumber-sumber penelitian yang sudah relavan baik dari dokumen, artikel jurnal maupun yang lainya terkait dengan masalah yang akan diteliti. Kemudian setelah data dikumpulkan maka tahap selanjutnya dilakukan analisis hasil untuk dapat menarik sebuah kesimpulan.

References

Anggorowati, Ningrum Pusporini. 2011. “Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi.†Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture 3 (1).

Chintiawati, Priscilia Dewi. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar IPS.†Joyful Learning Journal 7 (3): 49–57.

Elviana, Premita Sari. 2017. “Pembentukan Sikap Mandiri Dantanggung Jawab Melalui Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.†Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 5 (2): 134.

Hadi, Sofyan. n.d. “Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar,†7.

Hamalik, Oemar. 2019. “Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum". Bandung : PT. Remaja Rosdakaryaâ€

Zulfahmi. 2017. “Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial.†Tarbiyah al-Awlad 7 (2).

Imamuddin, Sukri. 2018. “Hubungan Penerapan Model Pembelajaran Tutorial Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Alma Ata Yogyakarta.†Other, Universitas Alma Ata Yogyakarta. http://elibrary.almaata.ac.id.

Iwantara, I. Wayan, Wayan Sadia, and Ketut Suma. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 4 (1).

Jaelani, Subhan, Darsikin Darsikin, and Sahrul Saehana. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Video Pembelajaran Dan Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu.†JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 6 (1): 50–52.

Leksonowati, Noermini. 2019. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya Dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Siswa.†Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 7 (1): 18–24.

Majid, Abdul, and Dian Andayani. 2005. “Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT.†Remaja Rosda Karya.

Nurdiyanti, Septiya. 2019. “Implementasi Media Visual Dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2 (1): 642–50.

Nurjani, Nurjani. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Di Kelas V Sd Negeri 126 Gunung Baringin.†Js (Jurnal Sekolah) 1 (4): 114–22.

Nurkholiq, Rifal Nurkholiq. 2016. “Efektifitas Penerapan Metode Sosiodrama Meningkatkan Kecerdasan Kinestik Siswa Dalam Pembelajaran Ips (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas Viii-2 Smp Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016).†International Journal Pedagogy of Social Studies 1 (1): 100–118.

Pakaya, Yusni, Helman Manay, Sri Sakti Rahmawati Une, and Paramita Hilumalo. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Sosiodrama Pada Anak.†Jurnal Pelita PAUD 5 (1): 131–37. 3.

Priana, Ronny Yudhi Septa. 2017. “Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Teritegrasi Tekhnologi Informasi.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 1 (2).

Santrock, John W. 2009. “Psikologi Pendidikan Educational Psychology.†Jakarta: Salemba Humanika 86.

Slameto. 2010. Belajar, and Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. “Jakarta: PT.†Rineka Cipta.

Sukmadinata Nana, Syaodih. 2010. “Metode Penelitian Pendidikan.†Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuhriyah, S. 2016. “Pemanfaatan Media Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.†Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru 522.

Downloads

Published

2021-11-23

How to Cite

Jalilah, S. R. (2021). Merangsang Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Media Video Sosiodrama untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5953–5960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1657

Citation Check